Di Tengah Pandemi, JGTC Festival Ke-43 Siap Digelar Virtual

Konferensi pers Jazz Goes To Campus yang diadakan secara daring melalui aplikasi GoPlay, pada Sabtu (06/02/21). (ULTIMAGZ/Kyra Gracella)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Jazz Goes To Campus (JGTC) Festival siap kembali digelar tahun ini. Mengingat pandemi yang belum juga reda, JGTC Festival akan diselenggarakan secara virtual pada Sabtu (13/02/21) hingga Minggu (14/02/21). 

Mengusung tema Rediscover Your Jazzpression, panitia penyelenggara festival tahunan ini berharap agar setiap orang dapat menikmati dan menemukan jazz dengan caranya masing-masing di tengah pandemi yang melanda.

“Bisa dibilang salah satu faktor yang juga mendorong kita melakukan tema ini adalah pandemi ini. Orang-orang jadi semakin banyak yang punya waktu luang, jadi sering dengerin musik sehingga bisa rediscover gitu,” kata project officer JGTC Festival ke-43 Naratama Raja Lubis pada konferensi pers virtual yang digelar pada Sabtu (06/02/21).

Rangkaian JGTC Festival ke-43 diawali dengan acara Jazz Goes To Connect yang dilaksanakan pada Mei 2020 lalu. Acara tersebut adalah sebuah kegiatan penggalangan dana yang bertujuan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, secara khusus mereka yang terkena dampak COVID-19.

Festival ini juga diwarnai oleh sejumlah kegiatan lainnya yang tak kalah menarik, seperti JGTC Spotlight, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan ruang bagi talenta-talenta jazz untuk dapat berekspresi dan menunjukkan bakatnya melalui media sosial. Musisi yang memiliki keinginan untuk bisa tampil pada JGTC Festival tahun ini pun dapat merealisasikan impiannya dengan mengikuti Jazz Submission yang dibuka sejak Desember 2020 hingga Januari 2021 lalu.

Acara lainnya adalah JGTC Awards, JGTC Community Session, JGTC Virtual Museum, dan JGTC Virtual Talkshow yang akan dilaksanakan Minggu (07/02/21) mendatang. Puncaknya adalah acaranya yang telah ditunggu-tunggu, yaitu JGTC Virtual Festival.

JGTC Festival nantinya akan menghadirkan deretan musisi tanah air yang sangat beragam, mulai dari musisi senior hingga generasi muda. Mereka adalah Fariz RM, Rossa, Kunto Aji, Adikara Fardy, Ten2Five, Deredia, Greybox, Neida Aleida, Rayhan Nadhif, Chaseiro All Stars, Mad Mamen, dan masih banyak lagi. 

Sebagai salah satu musisi yang akan turut memeriahkan JGTC Festival, Rizki Argadipraja atau yang lebih dikenal dengan nama Greybox menuturkan bahwa kesempatan ini akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat seru baginya.

“Ini suatu opportunity banget, sih, bisa main di JGTC. Bisa dibilang ini legendary event yang sudah sangat lama dan bisa kolaborasi sama musisi-musisi yang sudah lebih berpengalaman. Menurut saya itu pengalaman yang sangat seru,” tutur Greybox.

JGTC adalah acara musik jazz tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia sejak 1977. Hal ini membuat JGTC dinobatkan sebagai acara musik jazz tertua di Indonesia yang telah konsisten memberikan hiburan dan juga apresiasi bagi para musisi jazz tanah air hingga saat ini.

Jika Ultimates tertarik untuk menyaksikan JGTC Festival, acara ini akan ditayangkan melalui layanan streaming GoPlay. Ultimates dapat membeli tiketnya terlebih dahulu melalui platform GoTix dan Loket.

 

Penulis: Christabella Abigail Loppies

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: Kyra Gracella