Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1 Ajak Generasi Muda Merajut ‘Tenunan’ Sosial

Poster Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1 yang diadakan dari tanggal 17 Agustus 2019. (Poster: Arena.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – ARENA.id mengajak mahasiswa dari beberapa universitas berlomba menghasilkan konten radio yang menarik lewat Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1. Acara ini bertujuan untuk merajut ‘tenunan’ sosial generasi muda dengan menghidupkan kembali keseruan dan manfaat “Radio Kampus.”

Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1 dimulai dari tanggal 17 Agustus 2019. Kompetisi ini merupakan membuat program layar radio dengan konten menarik yang kemudian akan disiarkan se-Indonesia di platform ARENA.id. Penonton dapat melakukan live streaming dari sana.

Founder ARENA.id Indira B Wijdonarko mengharapkan kompetisi ini dapat memperkuat jejaring dan kolaborasi antar mahasiswa atau universitas di Seluruh Indonesia dengan memanfaatkan ARENA.id sebagai wadah inspirasi. Mahasiswa juga diharapkan dapat bijak bermedia sosial dan mengasah keterampilan sebagai broadcaster.

“Dalam hal ini peserta dituntut untuk keluar dari zona nyaman dan menciptakan sebuah program yang antimainstream. Pada akhirnya kompetisi ini tak sekadar soal menang atau kalah, lebih dari itu kami beserta perwakilan mahasiswa se-Indonesia turut menjaga keutuhan Indonesia,” ucap Indira.

Kompetisi ini juga untuk mematahkan stigma negatif terhadap generasi  milenial sehingga konten yang disajikan para peserta haruslah menarik dan tidak boleh berbau SARA, pornografi, kekerasan, dan hoaks. Hal ini juga guna menghindari terkoyaknya tenunan sosial generasi muda.

Indira juga mengatakan, “Setelah menonton dan berinteraksi dalam program yang dibuat oleh masing-masing tim peserta Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1, kami sadar bahwa milenial di Indonesia sesungguhnya punya kreativitas dan potensi luar biasa. Kami juga lega dan senang sekali karena akhirnya mereka menemukan wadah yang tepat untuk menyalurkan aspirasi.”

Tujuh universitas bersaing secara ketat, yaitu London School of Public Relations (LSPR), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Institut Sosial Ilmu Politik, Universitas Gunadarma, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, dan Telkom University. Masing-masing universitas mengirimkan satu tim untuk menghasilkan program yang menarik dan seru.

Tim yang mengikuti kompetisi layar radio mempunyai channel sendiri. Mereka akan mengumpulkan poin dengan live streaming video interaktif (hosted live). Selain itu, pengumpulan poin dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai challenge tiap minggunya. Siaran berlangsung selama lima minggu dan ditayangkan tiga kali seminggu dengan durasi dua jam.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Poster: arena.id