Konser Album Ketiga The 1975 “A Brief Inquiry Into Online Relationship” di Jakarta

The 1975 tampil menyapa penggemarnya dalam tur album ketiganya “A Brief Inquiry Into Online Relationship” di Helipad Parking Ground, Gelora Bung Karno, Senayan pada Minggu (29/09/19). (ULTIMAGZ/Ergian Pinandita)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kelompok musik asal Inggris The 1975 tampil menyapa penggemarnya di Helipad Parking Ground, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat pada Minggu (29/09/19) malam. Konser tersebut merupakan rangkaian dari tur album ketiga terbarunya, yakni “A Brief Inquiry Into Online Relationship”.

Kunjungan terakhir The 1975 ke Jakarta adalah pada festival musik We The Fest tahun 2016 lalu. Setelah tiga tahun, kelompok musik yang digawangi oleh Matthew Healy (vokal), Adam Hann (gitar), Ross MacDonald (bass), dan George Daniel (drum) itu akhirnya kembali menghibur penggemarnya.

Grup musik bergenre pop rock itu membuka penampilannya dengan intro The 1975, dilanjutkan dengan lagu People dari album keempat yang akan rilis 2020 mendatang. Urutan lagu yang sama juga dibawakan pada tur The 1975 lainnya di Manila dan Singapura. 

The 1975 membawakan total 23 lagu. Seluruh lagu tersebut berasal dari album ketiganya, seperti Self Titled Debut Album, I Like it When You Sleep, For You Are So Beautiful yet So Unaware of It, dan A Brief Inquiry Into Online Relationship. Penonton pun tak henti-hentinya bernyanyi bersama sang vokalis.

Ada dua pemandangan menarik saat konser berlangsung. Pertama, setelah lagu ketujuh dinyanyikan, sang vokalis yang akrab disapa Matty itu menyuruh penonton yang ada di festival B untuk maju ke depan, pindah ke festival A. Pasalnya, jarak festival B ke festival A cukup jauh dan terhalang dengan booth sound system. Kondisi penonton yang hadir pun sebenarnya juga tidak padat sehingga dari festival A ke B ada ruang kosong.

“Saya tahu kalian membayar tiket untuk ini, tapi saya tidak peduli. Come here,” kata Matthew usai membawakan lagu ketujuh It’s Not Living (if it’s Not With You).

Kedua, sebelum konser berakhir, The 1975 mengingatkan penonton untuk sadar akan perubahan iklim saat ini melalui pidato hasil kolaborasi dengan aktivis perubahan iklim berusia 16 tahun asal Swedia Greta Thunberg. Saat diputarkan rekamannya, Matty duduk menghadap layar, seolah mengajak penonton untuk memperhatikan dan meresapi apa yang dikatakan oleh Greta dalam pidatonya.

Sang vokalis Matthew Healy duduk menghadap ke layar saat pidato dari Greta Thunberg diputar dalam konser tur album ketiga The 1975 “A Brief Inquiry Into Online Relationship”. (Foto: Vanessa Maera Wijaya)

Penampilan The 1975 ditutup dengan tiga lagu andalannya, yakni Chocolate, Sex, dan The Sound. Dengan nuansa lagu yang seru, mereka berhasil membuat penonton melompat dan berjoget untuk menikmati malam konser yang berakhir pukul 22.20 WIB.

Berikut adalah daftar lagu yang dibawakan The 1975 dalam konsernya:
1. The 1975
2. People
3. Give Yourself a Try
4. TOOTIMETOOTIMETOOTIME
5. She’s American
6. Sincerity Is Scary
7. It’s Not Living (if it’s Not With You)
8. I Couldn’t Be More In Love
9. You
10. A Change of Heart
11. Loving Someone
12. DEPTH
13. Robbers
14. Fallingforyou
15. I Like America America Likes Me
16. Somebody Else
17. Medicine
18. I Always Wanna Die (Sometimes)
19. –GRETA–
20. Love It If We Made It
21. Chocolate
22. Sex
23. The Sound

Penulis: Ergian Pinandita

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Ergian Pinandita