Minggu Kedua Jazz Buzz Salihara Diwarnai Oleh Iwan Hasan Progressive Jazz Ensemble

Iwan Hasan Progressive Jazz Ensamble tampil dalam gelaran Salihara Jazz Buzz di Teater Komunitas Salihara pada Sabtu Malam (16/02/2019). Membawakan enam lagu, Iwan Hasan dkk berhasil memukau para penonton. (ULTIMAGZ/Ergian Pinandita)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Minggu kedua acara Salihara Jazz Buzz 2019 dimeriahkan dengan penampilan Iwan Hasan Progressive Jazz Ensemble. Penampilan pada Sabtu (16/02/19) ini memadukan komposisi musik klasik kontemporer Barat dengan jaz. Metode ini terinspirasi dari konsep Third Stream komponis Gunther Schuller.

Iwan Hasan membumbui musiknya dengan instrumen tradisi Timur serta sedikit pengaruh rock progresif. Hal ini bisa dikenali dari adanya kendang dan seruling yang memberikan kesan etnik. Bumbu-bumbu genre lain yang dipadukan dengan musik jaz membuat penampilan jaz terasa segar.

Formasi grup ini terdiri dari dua belas orang yang terdiri atas gitar, piano, vibrafon, kwartet gesek, klarinet, bass, drum, dan kendang. Selain itu Iwan Hasan juga berkolaborasi dengan anak perempuannya Jessica Xaviera Hasan yang mengambil posisi scat vocals dalam lagu Jazz Dance of The Equatorial Winds. Scat vocals adalah teknik menyanyi yang terdiri dari suku kata tanpa makna atau tanpa kata-kata sama sekali. Dalam nyanyian scat, penyanyi melakukan improvisasi melodi dan ritme menggunakan suara sebagai instrumen daripada media berbicara. 

Iwan Hasan Progressive Jazz Ensemble membawakan total enam lagu. Penampilan dimulai pada pukul delapan malam dengan lagu Shifting Gravity. Setelah usai, pertujukan dilanjutkan dengan lagu The Perverted Major 7th Swing. Iwan Hasan menyimpan lagu Transculturan Echoes di posisi terakhir. Ia mengaku lagu ini memiliki arti tersendiri bagi perjalanan karir musiknya.

“’Lagu ini yang memulai karir saya sebagai recording artist. Walaupun sebelumnya saya sudah aktif di dunia musik tapi untuk rilis sebuah komersil (rekaman) ini adalah yang pertama kali.”

Pada lagu terakhir ini Iwan Hasan menggunakan gitar harpa, sebuah penggabungan instrument harpa dan gitar. Di lagu-lagu sebelumnya Iwan menggunakan gitar elektrik dan prepared acoustic guitar. Di akhir penampilan Iwan Hasan Progressive Jazz Ensemble mendapat standing applause dari penonton. Bahkan, mereka mengulang penampilan lagu terakhir atas permintaan dari penonton.

Jazz Buzz Salihara merupakan acara musik tahunan yang dilaksanakan oleh Komunitas Salihara sejak tahun 2012. Tahun ini Jazz Buzz Salihara menampilkan Sri Hanuraga dan Gerald Situmorang, Sengat, Iwan Hasan Progressive Ensemble, serta Eyel Maoz dan Tohpati sebagai penampil penutup yang jatuh pada Minggu (17/02/19).

Berikut adalah judul 6 lagu yang ditampilkan oleh Iwan Hasan Progressive Jazz Ensemble.

  1. Shifting Gravity
  2. The Perverted Major 7th Swing
  3. Sketches
  4. Jazz Dance of The Equatorial Winds
  5. 1998 Parts 1-4
  6. Transcultural Echoes

Penulis: Andi Annisa Ivana Putri

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Ergian Pinandita