Orientasi Kehidupan Kampus UI 2019 Usung Tema #SatUIRagam

Mahasiswa membentuk logo Universitas Indonesia. (Foto: idntimes.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com–Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) kembali diadakan tahun ini untuk menyambut 800 mahasiswa baru. OKK UI 2019 berlangsung pada 10-19 Agustus 2019 di lingkungan UI dengan mengusung tema #SatUIRagam.

OKK UI menjadi sarana untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru yang akan melepaskan status “siswa” dan disiapkan menjadi seorang “mahasiswa”, seperti tertulis dalam keterangan resmi. Dibubuhi slogan “Ragam Asa Tentukan Cita”, UI berharap dapat membangun kebersamaan dengan menyatukan mahasiswa UI 2019 tanpa melihat perbedaan.

OKK UI terdiri atas empat bagian acara, yaitu Mentoring 1, Mentoring 2, Mentoring 3, dan ditutup dengan Acara Puncak pada Senin (19/08/19).

Rangkaian Acara Puncak OKK UI menghelat dua sesi talkshow yang menghadirkan beberapa tokoh ternama Tanah Air. Pada sesi pertama, hadir Najwa Shihab (Alumni UI), Belva Delvara (CEO Ruang Guru), dan Andri Rizki Putra (Mapres UI lulusan dari Fakultas Hukum UI). Dipandu oleh Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez, para pembicara menyampaikan pengalamannya saat berkuliah. Mereka juga memberikan tips bagi mahasiswa baru UI 2019 tentang membangun cita-cita saat di bangku kuliah.

Najwa Shihab, seorang pembawa acara televisi, berharap agar mahasiswa UI 2019 bersyukur diterima di UI dan tidak menjadikan UI sebagai destinasi akhir. Lebih lanjut, dia berpesan agar mahasiswa UI 2019 tidak hanya mengejar IPK tinggi, tetapi juga mencari pengalaman untuk memperkaya kualitas diri.

Sementara itu, sesi kedua dihadiri oleh Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Sandiaga Uno (Founder PT Saratoga Investama Seday). Dimoderatori oleh Rory Asyari, Sandiaga Uno memberi gambaran bagaimana menangani kegagalan. Dia berpesan pada mahasiswa UI 2019 untuk menghabiskan kegagalan pada usia muda agar cepat menaiki anak tangga kesuksesan.

“The best way to predict the future is to create it. Untuk meraih kesuksesan, kita harus kepo yang positif akan masa depan,ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Selain dihadiri beberapa narasumber, OKK UI 2019 juga turut menampilkan beberapa komunitas kampus, antara lain Teater Pagupon Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, Komunitas Tari FISIP (KTF) UI, Psymphony UI, Resimen Mahasiswa UI, dan Madah Bahana UI.

Penulis: Maria Soterini

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: idntimes.com