Outsider Artpreneur, Pameran Seni Karya Anak Berkebutuhan Khusus

Perupa berkebutuhan khusus sedang membuat karya seni untuk pameran seni Outsider Artpreneur. (Foto: Youtube Ciputra Artpreneur)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Pameran seni Outsider Artpreneur akan dilaksanakan pada Rabu (28/08/19) hingga Minggu (08/09/19) di Galeri Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan. Direktur Ciputra Artpreneur Rina Ciputra menjelaskan bahwa ada sembilan perupa berkebutuhan khusus yang akan menampilkan hasil karyanya.

“Arti acara ini adalah topik outsider dengan artpreneur. Tempat ini dibangun untuk wadah berkumpul orang yang bergerak di bidang kesenian. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama, bahkan untuk pihak yang berkebutuhan khusus memiliki hak untuk diwadahi karyanya,” tutur Rina pada Selasa (06/08/19).

Melalui tema Pasung Kapal Lepas, Outsider Artpreneur akan menampilkan 100 instalasi dan lukisan dari karya anak-anak berkebutuhan khusus. Sembilan perupa berkebutuhan khusus yang karyanya dikurasi oleh Jean Couteau ialah Anfield Wibowo, Audrey Angesti, Aqillurachman Prabowo, Bima Ariasena Adisoma, Daya Olivia Korompis, Dwi Putro, Hana Madness, Oliver Adivarman Wihardja, dan Raynaldy Halim. Salah satu seniman ternama asal Indonesia, Hanafi Muhammad juga turut serta memamerkan karya-karya seninya.

Hanafi menjelaskan bahwa penyelenggaraan pameran ini akan berguna untuk melengkapi dagangan pasar agar banyak pilihan. 

“Pasar yang alami, penuh kejujuran. Pasar bisa disebut rekreasi mata. Karya kawan-kawan ini melengkapi keragaman corak. Pasar belum bisa disebut pasar jika belum lengkap dagangannya. Program ini juga berfungsi sebagai ruang untuk saling berhubungan, antara garis lurus dan lengkung, merah dan hijau. Ini akan menjadi pengalaman menarik bagi kita semua,” ungkapnya. 

Pameran Outsider Artpreneur akan dibuka secara resmi pada Selasa (27/08/19) pukul 18.00 WIB, tetapi baru bisa dikunjungi secara umum mulai Rabu (28/08/19). Pameran kolaborasi antara Ciputra Artpreneur dan Komunitas Kapal Cinta ini dapat dikunjungi mulai pukul 12.00 hingga 20.00 WIB.

Selain menampilkan karya seni, ada serangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh Rina dan tim, antara lain gelar wicara (talk show), lokakarya dengan pendamping perupa, lelang lukisan karya Hanafi Muhammad dan Bob Pierce, serta lelang lukisan koper karya perupa Outsider Artpreneur. 

Rina berharap bahwa penyelenggaraan pameran Outsider Artpreneur tahun ini dapat menjadi tonggak awal untuk digelar secara rutin di Galeri Ciputra Artpreneur. 

“Saya berharap, pameran ini bisa membuka mata publik dan mengajak kita untuk terbuka dalam memahami dan mengenal kondisi mereka yang berkebutuhan khusus. Kita juga akan berkontribusi untuk mengubah cara pandang mereka ke arah yang lebih baik,” ujarnya. 

 

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Abel Pramudya

Foto: Youtube Ciputra Artpreneur

Sumber: kompas.com, bisnis.com, ciputraartpreneur.com