“Into the Woods Jr.” Hibur Penonton dengan Musikal Apik

Penampilan terakhir dari pentas musikal "Into the Woods Jr." yang dipersembahkan oleh para pemeran di Usmar Ismail Hall, Jakarta Selatan pada Minggu (25/08/19). (Foto: Kyra Gracella)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com—Pentas musikal Into the Woods Jr. sukses menyambut penonton pada Minggu (25/08/19) di Usmar Ismail Hall, Jakarta Selatan. Pentas dengan durasi kurang lebih dua jam ini merupakan pentas musikal pertama yang diadakan oleh organisasi berbasis seni pertunjukan Relasi Nada Dunia (RND).

Disutradarai oleh Venantius Vladimir Ivan, pentas ini merupakan musikal broadway karya James Lapine dan Stephen Sondheim dengan nama yang sama. Uniknya, terdapat beberapa karakter dari dongeng karya Grimm Bersaudara dan Charles Perrault, seperti Cinderella, Jack (Jack and the Beanstalk), Rapunzel, dan Si Kerudung Merah, (Little Red Riding Hood) yang disorot dalam cerita ini.

Pentas dimulai dengan kelima karakter utama yang tengah mengisahkan cerita hidup mereka. Masing-masing karakter, yakni Pembuat Roti (Baker) dan istrinya (Baker’s Wife), Cinderella, Jack, dan Si Kerudung Merah, mempunyai konflik dan keinginan tersendiri yang ingin mereka selesaikan.

Kendati demikian, konflik utama dari cerita ini berpusat pada Pembuat Roti dan istrinya, dimana mereka tidak mampu mempunyai seorang anak akibat sebuah kutukan oleh seorang penyihir.

Demi mematahkan kutukan itu, pasangan suami istri itu pun memutuskan untuk pergi ke hutan dan, secara kebetulan, bertemu dengan karakter lain di sepanjang jalan. Namun, mereka pun sadar bahwa perjalanan ini tidaklah mudah.

Meski mempunyai alur cerita yang cukup rumit, Into the Woods Jr. mampu menyajikan pentas musikal yang menghibur dan apik, terutama melalui lagu-lagu di setiap adegannya. Di sisi lain, kemampuan setiap pemeran dalam seni pertunjukan, termasuk akting, menyanyi, dan menari, juga terbayarkan dalam pentas ini.

Menurut Lil’li Latisha, salah satu pemeran yang menjadi Cinderella, ia merasa bangga bahwa pentas ini dapat berjalan dengan lancar dan mampu menunjukkan karakter Cinderella yang berbeda dan modern dari dongeng aslinya. Meski demikian, ia menghadapi kesulitan dalam mendalami karakter ini selama masa latihan.

Lil’li Latisha (pemeran Cinderella di Show 1) saat diwawancarai di Usmar Ismail Hall, Jakarta Selatan pada Minggu (25/08/19). (Foto: Kyra Gracella)

“Jadi Cinderella itu agak susah karena personality aku beda banget sama Cinderella, dia lebih pretty dan girly dan aku enggak,” pungkasnya. “Juga nyanyinya, karena Cinderella kayak suaranya classical ya jadi nyanyinya agak opera gitu dan itu agak susah karena aku bukan penyanyi tapi hobi nyanyi aja,”

Into the Woods Jr. juga berkolaborasi dengan kursus vokal Karunia Bersama Lucky (KBL). Selain para pemeran utama, paduan suara yang terdiri dari siswa-siswi KBL turut mengisi acara dengan membawakan medley lagu dari beberapa film besutan Disney, seperti A Whole New World, Let It Go, Circle of Life, dan sebagainya.

Sementara itu, Into the Woods Jr. mempunyai dua jam pertunjukan, yaitu pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB dan 17.00 WIB hingga 19.00 WIB.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Audrie Safira Maulana

Foto: Kyra Gracella