Pameran Karya Seni Rupa Ra.ha.sia 2019 Ajak Anak Muda Berani Berseni

Beberapa karya di Pameran Ra.ha.sia pada Hari Jumat (15/11/19) di Aruba Hall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. (ULTIMAGZ/Brian Nathaniel Valenska)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Pameran karya seni rupa Ra.ha.sia (Rasa.Hari.Manusia) bertajuk “Hitung Mundur Waktu, Rancang yang Tersisa”, berkolaborasi dengan S. Sudjojono Center (SS Center) sebagai kurator. Ragam seni rupa sebanyak 42 karya dari berbagai daerah di Indonesia tersebut dapat dinikmati langsung pada Kamis(14/11/19) dan Jumat(15/11/19) di Aruba Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Acara yang berlangsung selama dua hari juga diramaikan oleh live music dan talkshow, salah satu guest star yang turut meramaikan adalah Sal Priadi pada hari pertama.

Ra.ha.sia (Rasa. Hari. Manusia.) merupakan pameran seni yang diselenggarakan oleh mahasiswa UMN sebagai realisasi mata kuliah Special Event and Brand Activation. Harapannya, pengunjung dapat merefleksikan diri untuk lebih menghargai waktu.

Karya yang dipamerkan antara lain berupa lukisan, instalasi dan puisi berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah dikurasi bersama dengan S. Sudjojono Center (SS Center). S. Sudjojono, pendiri SS Center dijuluki sebagai Bapak Seni Rupa Indonesia Modern, memiliki visi agar berkarya juga menular kepada kaum muda untuk berkesenian yang selaras dengan visi Ra.ha.sia 2019.

Salah Satu Puisi S. Sudjojono Kepada Sang Istri yang Dipamerkan di Pameran Ra.ha.sia pada hari Jumat (15/11/19) di Aruba Hall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan (ULTIMAGZ/Brian Nathaniel Valenska)

Video pengenalan makna dari acara Ra.ha.sia serta tampilan lukisan serta karya S. Sudjojono menjadi pembuka jalur pameran. Sepanjang jalur pameran terpajang berbagai lukisan, instalasi seni, serta puisi yang sudah dikurasi. Di penghujung jalur juga terdapat panggung sebagai lokasi live music dan talkshow. 

Kumpulan Submisi untuk Lomba Puisi yang ada di Pameran Ra.ha.sia pada Hari Jumat (15/11/19) di Aruba Hall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan (ULTIMAGZ/Brian Nathaniel Valenska)

 

Penampilan Sal Priadi di Panggung Ra.ha.sia pada Hari Jumat (15/11/19) di Aruba Hall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan (ULTIMAGZ/Brian Nathaniel Valenska)

Dengan biaya apresiasi sebesar Rp 30ribu pengunjung dapat menikmati kedua hari sekaligus. Hari pertama acara diisi dengan live music K.L.E dan Sal Priadi sebagai guest star, sedangkan pada hari kedua diisi dengan talkshow oleh Muklay (seniman) dan Setiyanto Hendri (penulis buku “Kita & Kata”). Di akhir pameran, para pengunjung dapat memberikan vote untuk karya seni yang dipamerkan, hasil voting terbanyak akan diumumkan pada hari kedua  sebagai karya terbaik selama pameran seni Ra.ha.sia 2019.

“Bagus banget sih gua liat, soalnya dari awal gua masuk liat seni-seni dari acara Rahasia ini bagus banget menurut gua. Seni yang gua paling inget yang dipajang disana, gua lupa namanya tapi gua inget itu tentang waktu ada kain putih dan tulisan merah.” Tutur salah satu pengunjung acara Ra.ha.sia 2019, Arya Maulana Sofyan(20).

 

Penulis: Hanasya Shabrina

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Brian Nathaniel Valenska