Persami 2021 Ajak Pilah Sampah untuk Bantu Sesama

Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Program Peduli Bersama Pahlawan Bumi (Persami) mengingatkan masyarakat akan pentingnya pemilahan sampah tak hanya bagi lingkungan, tetapi juga bagi sesama.

Berkolaborasi dengan Bank Sampah Digital, Persami mengadakan siaran langsung melalui Instagram pada Rabu (21/04/21) dengan tema “Bantu Pemulung dengan Memilah Sampah di Rumah”.

Disampaikan oleh CEO Bank Sampah Digital, Iyadulloh, aksi memilah sampah ternyata memiliki pengaruh besar. Dengan memilah, pengolahan dan daur ulang sampah menjadi lebih mudah dilakukan. Masyarakat juga bisa turut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Program garapan mahasiswa jurusan Strategic Communication Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini lebih lanjut mengajak masyarakat untuk membantu kerja para pengumpul sampah. Pengumpul sampah, atau yang dikenal dengan sebutan pemulung, adalah pahlawan bumi yang dimaksud Persami lantaran orang-orang inilah yang berjasa memilah sampah yang sudah tercampur di tempat pembuangan akhir (TPA).

Baca juga: World Cleanup Day: Tumbuhkan Kebiasaan Pilah Sampah

Sayangnya, kinerja para pemulung sering kali diabaikan dan dianggap remeh. Akibatnya, mereka tidak mendapat kehidupan yang layak dan sejahtera.

Untuk itu, Persami mengajak masyarakat untuk memudahkan kerja para pemulung dengan mulai memilah sampah secara mandiri. Terbagi menjadi dua kategori besar, masyarakat dapat memilah sampah ke dalam jenis organik dan anorganik. Berbeda dengan sampah organik yang dapat terurai dengan sendirinya seiring waktu,  sampah anorganik memerlukan perhatian khusus.

“Sampah yang berasal dari pabrik, harus kembali ke pabrik. Ini sudah enggak bisa ditawar lagi. Kalau sampah yang dari pabrik enggak dikembalikan ke pabrik, ya, bakal jadi masalah terus,” ujar Iyadulloh melalui siaran langsung, Rabu.

Baca juga: Logo Daur Ulang dalam Kemasan Plastik, Apa Artinya?

Kendala yang dihadapi saat ini adalah sampah anorganik yang sudah terkontaminasi. Sampah yang terkontaminasi menjadikannya semakin sulit untuk diolah kembali. Harga jualnya pun menurun. Belum lagi, keadaan pandemi membuat pendapatan para pemulung tak menentu. 

Persami juga berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp2.313.032,- untuk dibagikan kepada para pahlawan bumi di empat kota besar pada Sabtu (24/04/21) lalu. Empat kota ini meliputi Tangerang, Semarang, Medan, dan Bangka Belitung. Donasi disalurkan dalam bentuk sembako dan alat protokol kesehatan, seperti masker, sabun, dan hand sanitizer.

Penulis: Thefanny

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: Jessica Gabriela S