Synchronize Fest 2018 Kenalkan Perkembangan Musik Dangdut Lewat Lounge Hello Dangdut

Keseruan pengunjung pada salah satu lounge dalam panggung karaoke yang membawakan lagu-lagu dangdut pada Synchronize Fest 2018, Gambir Expo Kemayoran, Sabtu (06/10/18). (ULTIMAGZ/ Gabriela Vivien)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Hiburan musik bergenre dangdut turut meramaikan festival musik tahunan Synchronize Fest 2018 melalui Hello Dangdut. Dengan menghadirkan Lounge Hello Dangdut di dalam lokasi festival, pengunjung diajak untuk menikmati musik dangdut sekaligus memperkaya wawasan tentang perkembangan budaya musik dangdut di Indonesia.

Hello Dangdut merupakan upaya Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) untuk mempopulerkan musik dangdut ke industri musik dunia. Kehadirannya di Synchronize Fest 2018 dikemas dalam bentuk lounge atau menyerupai ruang tunggu dimana pengunjung bisa bersantai sekaligus menikmati musik dangdut. Saat melangkah masuk, pengunjung akan langsung dihadapkan dengan papan-papan besar yang menutupi tembok dan berisi informasi seputar musik dangdut di Indonesia sejak tahun 1920 hingga 2010.

“Ruangan ini adalah rangkuman singkat mengenai perkembangan musikal, budaya, dan pengenalan lebih dalam mengenai seluk-beluk industri musik dangdut di Indonesia,” jelas Hello Dangdut melalui sambutan berupa tulisan panjang yang ditempatkan di dekat pintu masuk lounge.

Lounge Hello Dangdut mengusung konsep retro dengan penerangan warna-warni yang meriah. Sesuai dengan konsep tersebut, informasi terkait musik dangdut yang dipamerkan di tembok lounge pun disajikan dalam bentuk infografis berukuran besar dengan desain dan warna-warna yang eye catching.

Para pengunjung disajikan berbagai kelengkapan informasi dari perkembangan, sejarah, dan macam-macam genre seni musik dangdut yang sudah merajalela di seluruh dunia pada Synchronize Fest 2018, Gambir Expo Kemayoran, Sabtu (06/10/18). (ULTIMAGZ/ Gabriela Vivien)

Di sisi depan, terdapat sebuah panggung kecil disertai mic dan TV yang bisa digunakan pengunjung untuk berkaraoke. Beberapa TV tambahan dipasang di sisi belakang lounge dan disambungkan ke headphone agar pengunjung bisa mendengarkan musik-musik dangdut secara lebih personal. Di luar itu, ada juga photo booth yang menggunakan kolase foto musisi-musisi dangdut Indonesia sebagai background.

Hiasan pada tembok lounge banyak memuat kutipan-kutipan yang khas didengar dalam pertunjukan musik dangdut, seperti “Lihat boleh, pegang jangan,” dan “Tarik Bang!”. Selain itu, kutipan yang ada juga disertai dengan foto-foto pedangdut Indonesia dan cover album mereka.

Masih dalam sambutannya, Hello Dangdut menjelaskan bahwa seluruh elemen bertema dangdut dalam lounge tersebut ditujukan untuk memperkenalkan musik dangdut lebih jauh kepada pengunjung.

“Diharapkan dengan adanya ruangan ini, pengunjung dapat memperoleh informasi dan mendapatkan pengalaman unik mengenai identitas musik dangdut yang sangat fluid dan lahir di negara ini.”

 

Penulis: Hilel Hodawya

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Gabriela Vivien