The 11th Music Gallery: Wadah Berbagi Cerita Di Balik Karya Musik

Para penyelenggara festival musik the 11th Music Gallery menjelaskan tema acaranya tahun ini yang bertajuk "An Unspoken Euphony" dalam konferensi pers melalui Zoom pada Sabtu (22/05/21)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – BSO Band Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) kembali mengadakan festival musik tahunan kesebelasnya, The 11th Music Gallery dengan tema ‘An Unspoken Euphony’. 

Unspoken itu kan artinya kata-kata yang belum tersampaikan, sedangkan euphony itu nada atau harmoni. Jadi kalau digabung artinya harmoni yang belum tersampaikan,” jelas Project Officer The 11th Music Gallery, Nabila Cahyarani mengenai arti tema The 11th Music Gallery tahun ini dalam konferensi pers yang diadakan pada Sabtu (22/05/21).

Tema tahun ini ingin memfokuskan pada kisah di balik proses produksi sebuah karya musik seperti pembuatan album dan lagu dari para musisi. Selain itu, dalam sebuah karya pasti memiliki pesan tersirat yang ingin disampaikan. Dari sudut pandang penonton, festival musik ini menjadi wadah untuk mengetahui proses pembuatan album atau lagu. Dengan menggandeng banyak musisi lokal seperti Elephank Kind, Coltrains, Voxxes, Hondo, dan masih banyak lagi, The 11th Music Gallery berharap menjadi batu loncatan bagi para musisi lokal untuk memulai kariernya dan menyampaikan pesan-pesan melalui karya musik.

Pemain bass band lokal Elephant Kind, Kevin Septanto berbagi cerita mengenai salah satu lirik lagu yang menurutnya mempunyai makna personal dan mendalam. Dalam lirik lagu “I Believe in You”,  why you gotta threaten to leave when everything’s alright? Why? Why? sering kali diartikan sebagai patah hati karena cinta. Namun, untuk Kevin lirik tersebut meluapkan patah hati band Elephant Kind karena ditinggal salah satu personelnya. 

“Jadi, lirik itu sebenernya mau bilang kalo it’s not like Dewa (mantan personel Elephant Kind) threaten to leave, dia pengen keluar dari band, no it’s not. Cuman dia act like kayak dia tuh gak mau lagi di band ini,” jelas Kevin. Elephant Kind akan menampilkan secara perdana single dari album ketiganya di The 11th Music Gallery nanti. 

Selain itu, The 11th Music Gallery juga bekerja sama dengan Yayasan Pita Kuning untuk anak-anak penderita kanker dan Aksi Cepat Tanggap yang membantu keluarga kurang mampu. Festival musik ini akan diselenggarakan pada 12 Juni 2021 mendatang secara daring melalui YouTube secara gratis. Ultimates dapat melakukan RSVP melalui the-musicgallery.com/RSVP

 

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Andi Annisa I.P

Foto: Amartya Kejora