Turnamen MLBB jadi Puncak Acara Footura Fest

MLBB f00tura fest
Acara F00tura Fest 2020 yang diadakan secara virtual, pada Minggu (15/11/2020). (ULTIMAGZ/Frizki Alfian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Puncak acara dari F00tura Fest, Digistage, menghelat turnamen e-sports Mobile Legend Bang Bang (MLBB). Babak semifinal dan final menjadi agenda pada turnamen yang diselenggarakan pada Minggu (15/11/20).

Pelaksanaan turnamen MLBB dalam acara ini dikarenakan adanya peningkatan tren E-Sports di kalangan millenial. Terlebih ketika kondisi pandemi membuat panitia memilih untuk menyelenggarakan turnamen Mobile Legend ini.

“Kami melihat Mobile Legend ini sendiri memiliki awareness dan peminat yang tergolong paling tinggi di Indonesia pada segmen permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA),” ujar Paolim Gita selaku salah satu panitia dari F0otura Fest.

Turnamen yang diselenggarakan oleh F00tura Fest ini mendapatkan respons positif dari para pendaftar. Jumlah pendaftar pun melampaui kapasitas kuota yang dapat ditampung oleh pihak panitia.

“Digistage ini sendiri membuka slot sebanyak 32 tim untuk mengikuti turnamen dan belum sampai hari close registration kami sudah bisa mencapai full kuota. Selain itu, ketika close registration pun masih banyak yang mau mendaftar tetapi tidak kebagian slotnya. Bahkan sampai ada yang meminta diadakan DIGISTAGE 2.0,” lanjut Gita.

Gita mengungkapkan, event F0otura Fest ini tidak hanya menjadikan turnamen ini sebagai ajang untuk bermain, tetapi juga mengaitkan dengan tema yang diangkat, yaitu industri kreatif. Mengusung acara yang bertajuk #DIGISTAGE: Ring of Legends, F00tura Fest ingin menyadarkan masyarakat bahwa hobi akan suatu permainan dapat menjadi sesuatu hal yang menguntungkan jika diseriuskan dalam suatu profesi.

Acara ini juga dihadiri oleh Veronica “Velajave” dari MLBB Indonesia yang bertugas sebagai shoutcaster. Pihak F00tura Fest mengungkapkan bahwa turnamen MLBB yang diselenggarakan sudah masuk dalam tingkat profesional karena adanya dukungan dari MLBB UMN untuk menggunakan Tournament Mode seperti MPL.

Pertandingan e-sports ini sendiri disiarkan melalui akun YouTube resmi F00TURA FEST. Terdapat 32 tim yang mendaftarkan diri untuk bertanding dalam kompetisi ini. Semua pertandingan penyisihan hingga perempat final dilakukan pada Sabtu (14/11/20).

Terdapat empat tim yang berhasil lolos dari penyisihan hingga semifinal. Keempat tim e-sports tersebut adalah CUPU, The Middlez, UGM Guardians, dan UGM Romusha. Pertandingan pertama adalah babak semifinal yang mempertemukan The Middlez dan CUPU. Sementara pertandingan semifinal kedua mempertemukan UGM Romusha dengan UGM Guardians.

Hasilnya, tim CUPU harus mengakui kekalahan dari The Middlez dengan skor 5-15. Derby UGM juga dimenangkan oleh UGM Romusha dengan telak, yakni 28-6. The Middlez dan UGM Romusha lanjut bermain di fase Final, sedangkan CUPU dan UGM Guardians harus menjalani laga perebutan juara ketiga.

Final sendiri dimenangkan oleh UGM Romusha dengan keunggulan dua babak atas The Middlez, yakni 23-11 dan 14-6. Sementara itu UGM Guardians berhasil menyegel posisi ketiga dengan menang dua babak atas CUPU dengan skor 25-8 dan 30-29. Pada akhir permainan, UGM Romusha terpilih sebagai pemenang kompetisi.

Melihat animo dan antusias yang sangat besar, membuat kemungkinan DIGISTAGE 2.0 akan terselenggara di lain waktu. Hal ini diamini oleh Gita terkait hal tersebut.

“Karena melihat antusiasme dan dukungan dari berbagai pihak jika memungkinkan pasti akan kita adakan dengan berbagai macam peningkatan di segala sisi,” tutup Gita.

F00tura Fest merupakan event kelas mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Special Event & Brand Activation. F00tura Fest sendiri memiliki tiga rangkaian acara, yaitu DIGITAIL, DIGITALK, dan puncaknya pada acara DIGISTAGE.

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Agatha Lintang 

Fotografer: M. Frizki Alfian