UMN Screen Umumkan Pemenang Art in Motion

Para pemenang lomba “Art in Motion” dalam acara UMN Screen pada Kamis (03/05) lalu di Lecture Theatre UMN. (ULTIMAGZ/Nadine K. Azura)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – UMN Screen mengadakan malam penghargaan bagi lomba selenggaraan mereka yang bertajuk Art in Motion pada Kamis (03/05/2018) di Lecture Theatre Gedung D UMN. Lomba ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Character Design, Sound Design, dan Storyboard. 

Art in Motion sendiri merupakan lomba pertama yang diadakan oleh UMN Screen selama enam tahun perhelatannya. Lomba ini diadakan dalam rangka membantu Prodi Fakultas Film dan Televisi (FTV) UMN yang baru saja bergabung ke dalam Asosiasi Prodi Animation Indonesia pada 2017 silam.

“Tahun ini diadain lomba karena Prodi FTV tahun 2017 kemarin gabung ke Asosiasi Prodi Animasi Indonesia, jadi untuk semakin membuka diri terhadap institusi pendidikan animasi di Indonesia, diadakanlah lomba Art in Motion ini,” jelas Bonaventura Ezra selaku Festival Director UMN Screen.

Tema yang diusung untuk lomba perdana ini adalah identitas yang terinspirasi dari mahasiswa dan mahasiswi FTV UMN itu sendiri, termasuk segala suka dan duka selama berkarya.

“Kalau tema besarnya identitas,” tambahnya. “Tema ini berangkat dari harapan untuk memperkenalkan siapa mahasiswa FTV UMN dan kegelisahan seperti apa yang diekspresikan oleh mahasiswa FTV UMN melalui karyanya.”

Adapun, hal yang unik dari lomba tersebut adalah karya-karya hasil mahasiswa yang mayoritasnya menggunakan hewan berupa ayam sebagai karakter utama. Menurut Ezra, tokoh “ayam” ini dianggap sebagai aspek tambahan serta tantangan dalam lomba bagi para peserta. Hal ini juga disebabkan oleh animasi tentang ayam yang digunakan untuk lomba sound design.

“Kebetulan lomba sound design memakai animasi yang menceritakan tentang ayam jadi itu untuk menyelaraskan semua lomba saja dan memberi tantangan ke peserta, tepatnya gimana mereka menginterpretasikan ayam ke dalam identitas diri melalui karya yang dilombakan,” pungkas Ezra.

Adapun pemenang lomba Art in Motion adalah sebagai berikut:

  • Character Design  Ariq Hadyan (Institut Kesenian Jakarta)
  • Sound Design – Joshua Eka Pramudya (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
  • Storyboard – Roberto Charles & Leba Riwu Kaho (Institut Kesenian Jakarta)

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Nadine K. Azura