Warna Baru Kolaborasi Jaz Minimalis Monita Tahalea di Jazz Buzz 2020

GR Monita Tahalea Jazz Buzz
Monita Tahalea bersama teman-teman sedang GR (Gladi resik) untuk persiapan show Jazz Buzz Sabtu (22/02/19) di Komunitas Salihara, Pasar minggu, Jakarta Selatan. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kolaborasi antara Monita Tahalea, Lie Indra Perkasa dan Adra Karim memeriahkan Jazz Buzz 2020 pada Sabtu (22/02/20). Penampilan tersebut menampilkan kolaborasi ketiga musisi dengan jaz minimalis penuh warna yang mengabungkan masa lalu dan masa kini.

Dalam kolaborasi tersebut, ketiga musisi menggabungkan musik dari berbagai zaman. Beberapa daftar lagu yang mereka tampilkan merupakan Smile karya Charli Chaplin (1936), Moon River karya Henry Mancini (1961), dan Sound of Silence karya Paul Simon (1965)

Kurator Musik dan Seni Salihara Tony Prabowo mengatakan bahwa dalam penampilan mereka memberi sentuhan modern teknologi musik masa kini. “kemasan dengan bunyi-bunyi yang baru seperti synthesizer, modular, inti dari kolaborasi mereka.”

Senada dengan Tony, Program Manajer Komunitas Salihara Ening Nurjanah mengatakan pemilihan Monita, Indra, dan Adra  dilihat dari sisi jam terbang serta popularitas mereka di dunia musik. Ketiganya memang bukan tergabung  dalam satu grup, tetapi untuk Jazz Buzz mereka berkolaborasi sekaligus mempromosikan album kolaborasi mereka.

“Kolaborasi ini sangat menarik, karena kita tahu masing-masing mempunyai peran yang bagus dalam dunia musik,” tutur Ening

Salihara Jazz Buzz 2020 merupakan festival musik jazz tahunan  yang diadakan pertama kali sejak 2012. Selain itu, Jazz Buzz juga menghadikan musisi baik dari pilihan kurator atau open call, yang memberi kesempatan kepada musisi muda tampil dalam festival musik tersebut.

Selain Monita Tahalea, Lie Indra Perkasa, dan Adra Karim, terdapat penampilan Dwiki Dharmawan Trio sebagai pilihan kurator. Dari open call terpilih Railroad Therapy  dan Intuition Jazz Chamber yang membawa warna baru dalam dunia jaz Indonesia.

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Agatha Lintang 

Foto: Kevin Oei Jaya