Warna-warni HOME 2019 Buka Rangkaian Acara Penyambutan Mahasiswa Baru

Salah satu sisi photobooth di pameran Hall of MAXIMA Exhibition (HOME) yang interaktif dan dapat dimainkan oleh mahasiswa, Senin (12/08/19). (ULTIMAGZ/Dionisius Adrian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Menyambut datangnya mahasiswa baru Universitas Multimedia Nusantara (UMN), HOME kembali digelar di Function Hall UMN. Ekshibisi dengan kepanjangan Hall Of Maxima Exhibition ini merupakan pameran karya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), media kampus, komunitas, serta Lembaga Semi Otonom (LSO) yang berada di bawah atap UMN. Diikuti oleh 66 organisasi di UMN, HOME berlangsung selama 5 hari yakni mulai Senin (12/08/19) hingga Jumat (16/08/19).

“HOME itu untuk pengenalan awal organisasi-organisasi yang ada di UMN. Juga, nantinya akan jadi dasar untuk kegiatan selanjutnya yang kita punya yaitu STATE dan Malam Puncak. Sebelum mengikuti STATE dan Malam Puncak maba (mahasiswa baru) jadi punya gambaran umum dulu terhadap organisasi yang mereka mau,” kata Tasya Lauwrensia selaku koordinator divisi acara MAXIMA.

Tasya Lauwrensia, koordinator divisi acara MAXIMA 2019 yang juga mengkoordinir acara HOME di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Senin (12/08/2019). (ULTIMAGZ/Dionisius Adrian)

Sebagai pameran tahunan, HOME tahun ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, HOME mengusung tema hall of fame, sementara tahun ini mengangkat tema galeri. Selain berbeda tema, penambahan foto tiap organisasi menambah keramaian ornamen yang dipertunjukkan di setiap area.

Tasya juga menuturkan bahwa pemilihan dekorasi dengan warna terang dan mencolok sengaja dipilih untuk membawa unsur keceriaan yang MAXIMA ingin tunjukkan. Pun, photobooth empat sisi yang berada di jantung pameran juga sengaja dibuat mengundang mahasiswa baru untuk bersikap aktif dengan memainkan konten interaktif di dalamnya seperti papan berputar.

Menurut penuturan Koordinator Divisi Dekorasi Maxima 2019 Elvina, semua desain yang ada di HOME itu tidak jauh dari visualisasi logo MAXIMA sendiri yang berbentuk kincir sebagai semiotika evolusi dan gerak.

“Jadi idenya awalnya semua diusahakan dibuat semenarik mungkin dan diusahakan berputar dan bergerak. Sama juga halnya seperti semua ornamen yang ada saat masuk ke area HOME, semua mengikuti bentuk dari logo sendiri berupa trapesium dan lingkaran,” ujar Elvina.

Detail-detail yang tertuang dalam dekorasi HOME ini sejatinya sarat makna. Berdasarkan penjelasan Elvina, 4 konsep yang ada di photobooth antara lain time machine yang menyatakan waktu jelajah dalam menemukan minat dan bakat mahasiswa dalam diri, susunan gear yang menyatakan proses dalam pencapaian, pintu-pintu yang menyatakan harapan dan semangat, juga Maxiwheel interaktif yang memberikan semangat berupa quotes kepada seluruh mahasiswa yang masih berproses mencari minat dan bakat mereka.

Pemilihan pameran sebagai wadah pengenalan dipilih lantaran dianggap pameran merupakan bentuk paling komunikatif dalam mengenalkan organisasi.

“Kayak misalnya melihat kamus, orang jadi bisa mencari tahu apa yang memang ia ingin tahu. Begitu pula dengan HOME, mahasiswa jadi bisa mencari tahu dan paham mengenai organisasi yang diinginkannya,” ucap Kevin Fatli selaku sekretaris MAXIMA 2019.

Dengan tagline ‘Manifest My Generation’ dan logo kincir yang berputar, MAXIMA ingin mengajak mahasiswa baru untuk berevolusi bersama. HOME merupakan acara pertama MAXIMA dari rangkaian lainnya yang akan berada di puncaknya pada tanggal 31 Agustus 2019. Pekan depan, tepatnya Senin (19/08/19) hingga Kamis (22/08/19), terdapat STATE yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru untuk uji coba organisasi yang diinginkan.

 

Penulis: Andi Annisa Ivana Putri

Editor: Ivan Jonathan

Foto: Dionisius Adrian