Yang Bersinar di Festival de Cannes 2018

Para juri perempuan untuk Festival de Cannes 2018 di Perancis, diketuai oleh aktris senior Cate Blanchett (tengah). Acara festival film tertua ini sudah berakhir pada Sabtu (19/05/2018) kemarin silam. (Sumber foto: The Star)
Share:

CANNES, ULTIMAGZ.com — Usai puncak acara penutupan yang dilakukan Sabtu (19/05/18) lalu, Festival de Cannes 2018 sekaligus mengumumkan pemenang untuk film-film yang masuk ke dalam ajang kompetisi. Beragam film dari berbagai negara berhasil meraih kemenangan dalam festival film tertua di dunia ini.

Diketuai oleh aktris senior asal Australia Cate Blanchett, kelompok juri bersama-sama merundingkan pemberian penghargaan kepada peserta kompetisi. Penghargaan terbesar, Palme d’Or, dinobatkan kepada film asal Jepang berjudul Manbiki Kazoku atau Shoplifters.

Pemberian penghargaan tersebut menjadi puncak akhir dari rangkaian festival yang telah dimulai sejak awal lalu.

Selain Palme d’Or, penghargaan rutin yang turut diberikan oleh Cannes tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni Grand Prix, Best Director, Best Actress and Actor, Jury Prize, Best Screenplay, Camera d’Or, Short Film Category, Queer Palm, hingga penghargaan kehormatan lainnya.

Tahun ini, Indonesia absen pada festival tersebut. Meski begitu, selepas Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang tahun lalu sempat menggunjang teater Fortnight Cannes, film-film lain dari negara Asia menjadi unggul di tahun ini.

Layaknya Manbiki Kazoku, film-film dari negara Asia lain juga turut bersinar hangat dalam festival tahun ini, seperti On The Border (Cina),  Burning (Korea Selatan), Three Faces (Iran), Long Day’s Journey into Night (Cina), Netemo Sametemo (Jepang), dan Ash Is Purest White (Cina).

Kebanggaan tersendiri bagi Jepang yang telah meraih Palme d’Or di Cannes Film Festival. Film tersebut dikabarkan akan rilis di negara asalnya pada 8 Juni mendatang, usai pertama kali ditayangkan dalam sesi kompetisi feature film lalu.

Sama halnya dengan deretan film lain yang mengabarkan proses rilis di publik akan dilangsungkan dari akhir bulan Mei hingga masa pergantian tahun. Film-film tersebut mencakup Lazzaro Felice (31 Mei), Cold War (8 Juni), Dogman (11 Juli), Three Faces (6 Juni), BlacKkKlansman (10 Agustus), Netemo Sametemo (1 September), Sofia (19 September), hingga Girl (10 Oktober).

 

Penulis: Felix

Editor: Hilel Hodawya

Sumber: www.festival-cannes.com

Foto: The Star