5 Drama Korea Hit Garapan Sutradara Shin Won-ho

Drama Korea garapan sutradara Shin Won-Ho
Poster "Prison Playbook", "Reply 1988", dan "Hospital Playlist". (Foto: pinterest.com, cnnindonesia.com, id.wikipedia.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Pamor drama Korea di Indonesia kian membubung sejak pertama disiarkan melalui saluran televisi swasta pada awal 2000-an. Hingga saat ini, semakin banyak dan beragamnya drama Korea di pasaran membuat penontonnya kian selektif. 

Berbagai faktor, seperti rating, genre, alur, pemeran, dan durasi, kerap dilihat penonton untuk memilih drama yang akan ditonton. Tak kalah populer, nama sutradara juga turut andil dalam keberhasilan sebuah drama menggaet penonton. 

Salah satunya adalah sutradara Shin Won-ho yang namanya kembali mencuat beberapa bulan belakangan. Walaupun jumlahnya belum banyak, judul-judul garapan sutradara yang dikenal dengan sebutan Shin PD ini selalu berhasil meraih rating yang tinggi, baik di Korea, juga di luar negeri. 

Sutradara Shin Won-ho. (Foto: soompi.com)

Kehangatan yang dibawanya ke dalam alur dan suasana cerita telah dikenali penonton sebagai ciri khas sentuhan Shin PD. Selain itu, humor-humor garing yang kerap dilemparkan para tokoh dan efek suara yang menggelitik juga digemari para penonton setia sutradara kelahiran 1975 ini.

Yuk, simak ulasan singkat drama-drama hit garapan Shin PD di bawah ini!

  • Reply 1997 / 응답하라 1997 (2012)
Poster “Reply 1997”. (Foto: kapanlagi.com)

Dengan ciri khas seri Reply, yaitu beralur maju mundur, drama ini menceritakan kisah enam orang sahabat dengan latar waktu 1997 dan 2012. Secara sederhana dan relatable, Shin PD menyuguhkan kilas balik tahun 90-an dengan segar dan hangat. Dibumbui seiris romansa, pada sepanjang cerita penonton diajak menebak calon suami Sung Si-won (Jung Eun-ji) yang terjebak cinta segitiga.

  • Reply 1994 / 응답하라 1994 (2013)
Poster "Reply 1994".
Poster “Reply 1994”. (Foto: hiburan.dreamers.id)

Seri kedua Reply ini menceritakan kisah para mahasiswa baru yang tinggal di kos yang sama di daerah Sinchon pada 1994. Serupa dengan seri pertamanya, penonton juga diajak menebak suami Sung Na-jung (Go A-ra) yang pada sepanjang cerita dikenal dengan nama asli Kim Jae-joon. Masalahnya, pada sepanjang cerita seluruh pemeran laki-laki yang menjadi kandidat dipanggil dengan nama julukan, seperti Seurekki, Chilbong, Samcheonpo, Haetae, dan Binggeure.

  • Reply 1988 / 응답하라 1988 (2015)
Poster "Reply 1988"
Poster “Reply 1988”. (Foto: movieden.net)

Drama yang membawa Shin PD mendapat penghargaan “Best Director” pada Baeksang Arts Awards ke-52 ini bisa dibilang merupakan drama tersukses dari seri Reply. Drama ini mengangkat kisah persahabatan lima remaja SMA dan kehangatan hidup bertetangga antar keluarga di Ssangmun-dong pada 1988. Kali ini pun, pertanyaan utamanya adalah identitas suami Sung Deok-sun (Hye-ri) yang tidak diungkap hingga akhir cerita.

  • Prison Playbook / 슬기로운 감빵생활 (2017)
Poster “Prison Playbook”. (Foto: jatim.tribunnews.com)

Bergenre komedi satir, drama ini menceritakan kisah pertemanan yang terjalin dalam penjara, baik antar tahanan maupun dengan petugas keamanan. Cerita difokuskan pada seorang atlet bisbol profesional bernama Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) yang menerima hukuman satu tahun penjara karena penyerangan yang ia lakukan terhadap pelaku yang mencoba memperkosa adiknya. Di penjara, ia bertemu tahanan-tahanan yang mengintimidasi, menyebalkan, hingga konyol. 

  • Hospital Playlist / 슬기로운 의사생활 (2020)
Poster “Hospital Playlist”. (Foto: kumparan.com)

Kali ini, Shin PD mengangkat kisah persahabatan lima dokter bedah dengan percikan istilah dan teknis medis. Memiliki spesialisasi yang berbeda-beda, ada saja cerita menarik,  mengharukan, juga konyol, yang terjadi di tiap-tiap departemen.

Ulasan lengkap drama yang satu ini bisa Ultimates baca di:  Kisah Persahabatan 5 Dokter Berbalut Komedi dan Musik dalam “Hospital Playlist”

Itulah lima drama hit garapan Shin PD yang akhir-akhir ini kembali menjadi bahan pembicaraan penikmat drama Korea di tanah air. Ultimates sudah nonton, belum?

 

Penulis: Maria Helen Oktavia

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: pinterest.com, cnnindonesia.com, id.wikipedia.com, kumparan.com, jatim.tribunnews.com, movieden.net, hiburan.dreamers.id, kapanlagi.com, soompi.com

Sumber: asianwiki.com, idntimes.com, ceritakorea.com, tentangsinopsis.com, cnnindonesia.com