Walau Berprestasi, BTS Tetap Jalani Wajib Militer

Sumber: billboard.com
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Seluruh anggota boyband asal Korea Selatan BTS akan tetap menjalani wajib militer. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

“Kementerian Pertahanan saat ini sedang berdebat dengan pihak berwenang terkait meningkatkan program layanan alternatif wajib militer saat ini. Tapi, belum ada yang diputuskan mengenai perubahan,” ujar seorang pejabat Kementerian Pertahanan, dikutip The Hollywood Reporter.

Biasanya, pengecualian layanan militer diberikan untuk atlet yang memenangkan medali atau pemenang acara musik tradisional. Terdapat kontroversi terkait keadilan sistem yang mengatakan bahwa artis musik juga berhak menerima pengecualian ini, terutama BTS yang dikatakan telah berjasa karena meraih banyak prestasi dan penghargaan baik di Korea maupun internasional. 

Boyband naungan Big Hit Entertainment tersebut bahkan disebut-sebut sebagai penerus band legendaris The Beatles karena sama-sama menguasai tangga lagu Billboard tiga kali selama kurang dari setahun. Selain itu, band yang beranggotakan tujuh orang itu juga menjadi duta UNICEF dalam kampanye mencintai diri sendiri.

Jika tidak ada perubahan, anggota tertua Jin (Kim Seokjin, 1992) akan dijadwalkan untuk memulai tugas militernya tahun depan. Disusul oleh Suga (Min Yoongi, 1993), RM (Kim Namjoon, 1994), J-Hope (Jung Hoseok, 1994), Jimin (Park Jimin, 1995), V (Kim Taehyung, 1995), dan Jungkook (Jeon Jungkook, 1997).

Dikutip dari CNN Indonesia, dalam sebuah wawancara bersama CBS Sunday Morning April lalu, Jin mengatakan sebagai warga Korea sudah sewajarnya dirinya serta seluruh anggota BTS menjalani wajib militer.

“Ketika tugas memanggil, kami akan siap menjalaninya dengan baik,” tutur Jin.

Menanggapi pernyataan tersebut, ARMY (sebutan penggemar BTS) membentuk sebuah petisi di change.org agar seluruh anggota BTS dapat menjalani wajib militer bersama-sama agar tidak berpisah dan akan kembali bersama.

“Jika semua anggota masuk wajib militer bersama dan kembali dalam dua tahun. Itu akan mempersingkat waktu dan membantu karier mereka,” ucap pembuat petisi yang kini sudah ditandatangani lebih dari 22 ribu orang tersebut. 

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Ivan Jonathan

Foto: billboard

Sumber: cnnindonesia.com, wowkeren.com, hollywoodreporter.com