15 Mei, Tanggal Debut Mickey Mouse melalui “Plane Crazy”

plane crazy
"Plane Crazy", film debut pertama Mickey Mouse yang terinspirasi dari penerbangan Charles Lindbergh. (Foto: youtube.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Mickey Mouse, karakter tikus antropomorfik terkenal karya Walt Disney, lahir pada 18 November 1928. Namun, debut Mickey sebenarnya bukanlah pada tanggal tersebut, melainkan pada Mei 1928. 

Mickey pertama kali tampil di publik melalui film kartun bisu “Plane Crazy” yang rilis pada 15 Mei 1928 bersama pasangannya, Minnie Mouse. Kisah “Plane Crazy” terinspirasi dari penerbangan seorang penerbang Amerika Serikat bernama Charles Lindbergh dari New York ke Paris.

Dengan bantuan teman-temanya, Mickey membangun sebuah pesawat dan melakukan penerbangan petualangan dengan Minnie. Petualang itu berjalan mulus sampai datangnya seorang penumpang yang tidak diinginkan. 

Penerbangan berbahaya ini tidak diragukan lagi dipicu oleh keinginan untuk mengesankan Minnie, tetapi ketika dia tidak merespons seperti yang diperkirakan, Mickey dengan dingin memaksa mencium Minnie. Di sanalah film berakhir. Film yang langsung disutradarai oleh sang pendiri Disney ini merupakan film kartun Mickey pertama yang dibuat dan merupakan film kartun Mickey ketiga yang dirilis setelah ditambahkan suara pada 1929. 

Pada saat masa film bisu akan segera berakhir, Walt Disney awalnya kurang berhasil menjajakan film ini. Sebagian besar pemilik teater tidak tertarik pada tikus yang diam dan asing ini. Mereka percaya, bahwa Felix the Cat, kartun kucing hitam yang terkenal pada masa itu, sudah cukup untuk menggaet penonton. Maka dari itu, pengenalan Mickey yang buruk pada 15 Mei 1928 biasanya dilupakan. 

Meski Mickey debut pada 15 Mei melalui “Plane Crazy”, ulang tahun resmi Mickey jatuh pada 18 November. Hal ini merupakan keputusan Disney Studios pada 1978 yang bermula dari pengarsipan dokumen Walt Disney. Setelah Walt Disney meninggal pada 1966, Disney Studios menyewa seorang ahli arsip bernama Dave Smith untuk membuat katalog dari dokumen dan kenangan Walt Disney.

Pada 1978, Disney mengadakan perayaan ulang tahun Mickey yang ke-50 di seluruh dunia. Untuk mengadakan perayaan, Disney harus tahu kapan Mickey ‘lahir’. Dave Smith kemudian menetapkan 18 November sebagai hari ulang tahun Mickey. Penetapan tanggal tersebut didasarkan pada tanggal tersebut merupakan hari “Steamboat Willie” memulai debutnya di Colony Theatre di New York pada 1928. “Steamboat Willie” adalah film Mickey Mouse dengan suara tersinkronisasi pertama yang didistribusikan secara luas sehingga menjadi salah satu pertimbangan penetapan ulang tahun Mickey Mouse.

 

Penulis:  Theresia Amadea

Editor: Maria Helen Oktavia

Sumber: freemalaysiatoday.com, mouseplanet.com, clickorlando.com, cincinnati.com, d23.com, imdb.com, readex.com

Foto: youtube.com