“Goedam”, Serial Netflix Bertema Legenda Urban Korea Selatan

Goedam
Poster serial "Goedam" (Foto: flixwatch.co)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Hantu yang gentayangan di sekolah. Dukun yang menculik dan membunuh anak-anak. Masuk ke dimensi lain melalui sebuah lift. Semua kisah berbau mistis ini dikemas dalam serial “Goedam”.

“Goedam” adalah serial horor rilis di Netflix pada Agustus lalu dengan total delapan episode. Masing-masingnya berdurasi delapan menit, kecuali episode terakhir yang berdurasi lima belas menit. Serial ini mengangkat berbagai legenda urban Korea Selatan.

Setiap cerita disajikan secara ringkas tanpa terlalu mendalami latar belakang, konteks, atau lanjutan cerita. Namun, waktu yang terbatas ini tidak terlalu mengurangi esensi cerita yang ingin disampaikan. Selain itu, tiap episode tidak memiliki keterkaitan dengan satu sama lain sehingga mudah dicerna dan diikuti oleh penonton.

Bagian yang membuat seri ini spesial adalah wujud roh yang muncul di beberapa episode. Tampangnya tidak manusiawi, bahkan sampai sulit diproses di dalam pikiran. Selain itu, berhasil menangkap suasana yang berbeda dari setiap tokoh yang muncul seperti sekolah atau lift apartemen.

Sayangnya, meskipun serial yang disutradarai Hong Won Ki ini memiliki genre horor, nuansa seram tidak terlalu terasa. Kebanyakan episode hanya memberikan efek mengejutkan pada penonton.

Secara keseluruhan, “Goedam” kurang berhasil menakuti penontonnya. Namun, penyampaian cerita yang unik dan efek-efek khusus menjadi nilai tambah sehingga dapat tetap dinikmati.

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Xena Olivia

Foto: flixwatch.co