“Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya” Buka Wawasan Spiritual

Cover buku “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya.” (Foto: tokopedia.com)
Cover buku “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya.” (Foto: tokopedia.com)
Share:

“Berapa banyak waktu dalam hidup yang kita sia-siakan karena mengkhawatirkan sesuatu yang, pada saat itu, tak memiliki solusi, dan karena itu, bukanlah sebuah masalah?”

― Ajahn Brahm

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Pernahkah kamu merasa stuck dalam permasalahan hidupmu? Mencari jawaban yang tak kunjung datang, tetapi membuatmu larut dalam masalah sampai lupa untuk menikmati ‘saat ini’. “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya” akan membantumu mendapatkan  jawaban lewat sisi yang berbeda, yaitu dari pandangan spiritualis.

“Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya” menyajikan beragam pandangan tentang permasalahan hidup, mulai dari kesempurnaan dan kesalahan, sampai pada penderitaan dan pelepasan. Setiap halaman menawarkan kisah baru yang unik, aneh, dan kadang membawa tawa. Namun, hal itu tak membuat buku ini kehilangan esensinya, yaitu untuk membangunkan jiwa-jiwa untuk menghadapi permasalahan hidup yang terbelenggu dalam dirinya.

Buku ini memuat kisah pembelajaran hidup Ajahn Brahm, seorang ilmuwan yang kemudian memutuskan untuk bertapa. Mengabdikan dirinya sebagai petapa, membagikan makna hidup dan kebahagiaan, juga welas asih dan kearifan. Cerita dalam buku ini didasari dari pengalaman Ajahn Brahm tinggal di vihara, mengunjungi penjara, dan menghibur di rumah sakit yang akan membuka pikiran dengan cara yang ringan, tapi menampar.

Seperti novel, setiap ceritanya mengandung pesan moral, khususnya tentang kebahagiaan, menjadi manusia, dan pemberian kasih sayang secara utuh. Setiap pelajaran tercermin dalam cerita yang disuguhkannya. Namun, dampak buku ini kepada tiap orang berbeda, tergantung dari bagaimana seseorang memaknai permasalahan hidupnya.

Layaknya buku spiritual lainnya, buku ini berat untuk dimengerti, sebab ia menampar dalam diamnya. Buku ini juga ambigu, karena tak ada rumus pasti dalam menerapkan pembelajarannya. Buku ini juga mampu menjawab beberapa permasalahan emosi negatif yang dirasakan manusia, dengan lugas tapi berkesan.

Apa yang membuat saya tercerahkan, mungkin tidak bagimu. Apa yang membuat tak merasakan apapun, mungkin dapat dimaknai olehmu, sebab setiap orang memiliki momentumnya masing-masing. Tapi sedikit saran, rasa penasaran mungkin akan membuatmu masuk ke dalam dunia baru tentang kehidupan, dengan hanya mengubah perspektif.

Bila Ultimates ingin berkenalan dengan dunia spiritual, dan merasa tertarik untuk menghadapi masalah dalam kehidupan lewat sisi ini, “Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya” akan sangat cocok untuk dibaca.

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Xena Olivia

Foto: tokopedia.com