Little Mix Ukir Sejarah di Brit Awards 2021

little mix
Little Mix di Brit Awards 2021 pada Selasa (11/05/2021) di The O2 Arena, London. (Foto: Getty Images)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Little Mix membuat sejarah di Brit Awards tahun ini setelah dinobatkan sebagai girl band pertama yang memenangkan Best British Group. Mereka menjadi girl band pertama yang membawa pulang penghargaan bergengsi di kategori tersebut dalam 25 tahun sejarah ajang itu.

Kemenangan Little Mix diumumkan oleh Olly Murs dan Adam Lambert pada Selasa (11/05/21) di The O2 Arena, London. Dilansir dari cnnindonesia.com, acara penghargaan tersebut disaksikan empat ribu tamu secara langsung dan dipandu oleh Jack Whitehall.

Little Mix pernah dinominasikan di kategori tersebut pada 2017 dan 2019, tetapi kalah dari band The 1975 pada kedua tahun tersebut. Namun, tahun ini Little Mix mencetak sejarah baru dan mengungguli empat nominasi lainnya yaitu The 1975, Bicep, Biffy Clyro, dan Young T & Bugsey. Tidak banyak girl band yang mendapat nominasi di kategori Best British Group. Sebelumnya hanya ada Spice Girls, Shakespears Sister, Eternal, All Saints, Sugababes, dan Girls Aloud.

Little Mix ketika melakukan pidato penerimaan penghargaannya. (Foto: Getty Images)
Little Mix ketika melakukan pidato penerimaan penghargaannya. (Foto: Getty Images)

Dalam pidato penerimaannya, girl band yang beranggotakan tiga orang itu menyinggung prevalensi seksisme di industri musik Inggris.

“Tidak mudah menjadi perempuan di industri pop Inggris,” kata Leigh-Anne Pinnock.

“Kami telah melihat dominasi pria kulit putih, kebencian terhadap perempuan, seksisme, dan kurangnya keragaman. Kami bangga dengan bagaimana kami telah bersatu, berdiri tegak, mengelilingi diri kami dengan perempuan yang kuat dan sekarang menggunakan suara kami lebih dari sebelumnya,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Jade Thirlwall juga memberikan penghormatan kepada girl group sebelumnya dari sejarah Inggris yang dilecehkan oleh penghargaan tersebut. Spice Girls adalah salah satu yang tidak pernah membawa pulang piala khusus ini meskipun menjadi grup perempuan paling sukses sepanjang masa.

“Fakta bahwa tidak ada girl band yang pernah memenangkan penghargaan ini benar-benar berbicara banyak,” ujar Jade.

“Penghargaan ini bukan hanya untuk kami. Ini untuk Spice Girls, Sugababes, All Saints, Girls Aloud, semua band wanita yang luar biasa. Yang ini untukmu,” lanjutnya.

Kemudian, Little Mix juga mengucapkan terima kasih khusus kepada mantan anggota Little Mix, Jesy Nelson, yang mengumumkan kepergiannya dari grup menjelang akhir tahun lalu.

Brit Awards 2021 juga menjadi sangat istimewa bagi Little Mix mengingat Leigh-Anne dan Perrie saat ini sedang mengandung anak pertama mereka.

 

Penulis: Alycia Catelyn

Editor: Nadia Indrawinata

Foto: Getty Images

Sumber: cnnindonesia.com, cosmopolitan.com, glamourmagazine.co.uk