Agust D Comeback dengan Mixtape “D-2”

Suga BTS rilis mixtape kedua 'D-2' sebagai Agust D.
(Sumber: BTS Official Twitter @BTS_BigHit)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ, com – Suga BTS kembali hadir sebagai Agust D dengan mixtape bertajuk “D-2” pada Jumat (22/05/20).  Mixtape tersebut terdiri 10 lagu dengan title track berjudul Daechwita.

“D-2” merupakan mixtape solo kedua karya Agust D sejak tahun 2016. Mixtape ini dirilis Jumat (22/05/20), bersamaan dengan video klip Daechwita yang diunggah di YouTube.  Dalam video berdurasi 4 menit 29 detik itu, Agust D beraksi dengan latar kerajaan Korea. Selain itu, Seokjin dan Jungkook BTS  juga hadir sebagai cameo dalam video klip tersebut.

D-2 Agust D
Seokjin dan Jungkook BTS hadir sebagai cameo dalam video klip Daechwita. (Sumber: Youtube)

Daechwita merupakan istilah yang merujuk pada sebuah genre musik tradisional di Korea. Biasanya, genre ini adalah bagian dari musik militer yang terdiri dari instrumen tiup dan perkusi. Lagu jenis ini kerap diperdengarkan dalam upacara pergantian penjaga istana di Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan, dan Istana Deoksugung.

Dilansir dari insertlive.com, instrumen yang digunakan, di antaranya: nabal (tanduk kuningan), nagak (tanduk kerang), taepyeongso (shawm) dengan jing (gong), jabara (simbal), serta yonggo (drum berdesain naga dan dimainkan menggunakan palu).

“Tema daechwita sudah berada di pikiranku sejak mulai menggarap single ini. Aku mempelajari bunyi musiknya (daechwita) yang sesungguhnya,” ujar rapper BTS itu kepada time.com.

Suga juga mengatakan bahwa penting baginya untuk menghadirkan unsur musik tradisional Korea dalam proyek solonya.”

“Pikiran pertamaku, aku ingin memasukkan musik yang diputar selama upacara ketika Raja sedang berjalan. Secara alamiah, elemen Korea menjadi komponen penting untuk lagu ini dan video musiknya,” tuturnya, dilansir melalui insertlive.com.


 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Agatha Lintang

Foto: @BTS_BigHit (Twitter)

Sumber: kompas.com, insertlive.com, time.com