Menjadi Santai, Melawan Khawatir

Ilustrasi orang yang sedang melakukan relaksasi mengatasi rasa khawatir. (Foto: pexels.com)
Ilustrasi orang yang sedang melakukan relaksasi. (Foto: pexels.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com  Manusia sering terjebak dengan pikiran dan perasaan khawatir tentang masa depan sehingga lupa untuk bersantai. Mark Leary dalam psychologytoday.com mengatakan bahwa memikirkan masa depan secara berlebihan dapat membuatmu merasa cemas tentang apa yang akan terjadi. Maka dari itu, penting bagi manusia untuk menjadi santai agar dapat melawan khawatir.

Mengutip helpguide.org, terus-menerus merasa khawatir, berpikir negatif, dan selalu berpikir akan hal terburuk dapat berdampak pada kesehatan emosi serta fisik. Selain itu, perasaan khawatir juga bisa membuat Ultimates merasa stres dan melampiaskannya ke orang-orang terdekat atau mencari pelarian lewat alkohol serta narkoba.

Untuk menghadapi hal ini, Suzanne Kane dalam psychcentral.com memberikan tips untuk Ultimates yang sulit merasa santai karena dipenuhi dengan rasa khawatir.

  1. Tentukan apa sumber kekhawatiran 

Sebelum melepaskan diri dari kekhawatiran, Ultimates perlu menggunakan waktu untuk mengetahui apa penyebab dari rasa khawatir yang Ultimates rasakan. Ambil pulpen dan kertas untuk menuliskan hal-hal apa yang Ultimates pikirkan serta khawatirkan. Hal ini berguna untuk mencari tahu apa akar kekhawatiran Ultimates. Berdasarkan artikel helpguide.org, menuliskan apa yang Ultimates pikirkan di atas kertas, ponsel, maupun komputer juga akan membuat kekhawatiran jadi lebih ringan karena terdistraksi oleh kegiatan menulis.

  1. Berikan waktu untuk bersantai

Saat merasa khawatir, Ultimates kerap memikirkan segala hal secara bersama. Maka dari itu, Ultimates perlu memberikan waktu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Memberikan jeda waktu saat pertama kali terbangun dari tidur, misalnya. Dengan memberi jeda singkat, Ultimates memiliki waktu untuk merenung, melamun, makan, berolahraga, dan melakukan hal yang disenangi lainnya. Tindakan sederhana dengan cara memberikan waktu untuk melakukan hal santai lainnya bisa jadi alternatif untuk membebaskan dan memanjakan diri.

  1. Singkirkan permasalahan kecil

Permasalahan, kedongkolan, dan keluhan kecil berpotensi untuk menghancurkan mimpi yang sudah dibangun. Hal-hal itu hanya membuat diri merasa semakin negatif, tidak bahagia, dan akhirnya bisa membuat Ultimates gagal mencapai impian. Menyingkirkan permasalahan kecil dapat membantu untuk menggunakan waktu, energi, dan motivasi sebagai peluang mengejar apa yang paling penting dalam hidup Ultimates.

  1. Tentukan cara pandang

Alih-alih memisahkan mana yang penting secara rasional dan logis, Ultimates dapat tenggelam dalam rasa khawatir yang membuat lelah. Hal ini dipengaruhi dari Ultimates yang kurang menentukan cara pandang. Dalam memisahkan mana yang penting, cobalah mulai melihat dari sudut pandang jangka panjang. Pikirkan apakah yang Ultimates lakukan saat ini akan memengaruhi dirimu enam bulan atau satu tahun dari sekarang. Tanyakan kembali apakah keputusan atau kegiatan yang dilakukan tadi cukup berharga untuk dilakukan. Jika tidak, lepaskan saja supaya Ultimates bisa lebih fokus menemukan hal yang lebih penting.

  1. Tertawakan saja

Saat tertawa, manusia melepaskan hormon endorphin yang memberikan rasa senang. Tertawa membantu manusia untuk lebih tenang dan damai. Jika tidak bisa tertawa lepas, Ultimates dapat tertawa kecil atau tersenyum maupun merasa nyaman agar membantumu menjadi lebih santai. Biarkan rasa tertawa itu lepas sebab rasa khawatir tidak memiliki ruang saat Ultimates tertawa.

  1. Berhubungan dengan orang lain

Menghabiskan waktu untuk merenungi permasalahan yang Ultimates rasakan tidak akan mengubah apapun, begitu pula dengan mencoba menyelesaikan permasalahan dan rasa khawatirmu sendirian. Mengutip helpguide.com, menyimpan kekhawatiran Ultimates sendirian akan membuat kekhawatiran tadi terus menumpuk dan hanya akan membuatmu lelah. Maka dari itu, ada baiknya bila Ultimates mencoba untuk bersosialisasi dan membicarakan permasalahanmu.

  1. Gunakan teknik relaksasi

Rasa khawatir yang berlebihan mampu meningkatkan rasa cemas dan stres yang tentunya tidak baik untuk tubuh. Gunakan beberapa teknik relaksasi seperti meditasi, bernapas dalam, mendengarkan lagu yang menenangkan, dan melakukan yoga. Saat Ultimates mulai rileks, aliran darah di otakmu meningkat dan menggeser gelombang otak ke ritme alfa yang membuatmu lebih santai. Teknik relaksasi dapat membantu mengurangi stres dan rasa khawatir berlebihan.

 

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: pexels.com

Sumber: psychcentral.com, helpguide.org, psychologytoday.com