Didi Kempot Raih Lifetime Achievement dalam Billboard Indonesia Music Award

Didi Kempot
Penyanyi Campur Sari Didi Kempot. (Foto: kompas.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com–Penyanyi campur sari Didi Kempot membawa pulang penghargaan seumur hidup atau Lifetime Achievement dari Billboard Indonesia Music Award pada Rabu (27/02/20) malam. Penghargaan ini diterima pelantun Stasiun Balapan tersebut atas dedikasinya untuk musik tradisional.

Saat menerima piala penghargaan, Didi berterima kasih kepada Billboard, RCTI, dan penggemarnya, sobat ambyar. Didi juga menyebutkan bahwa penghargaan yang ia terima diperuntukkan kepada para seniman tradisional di seluruh Indonesia karena Indonesia kaya dengan budaya.

Didi Kempot atau yang dijuluki The Godfather of Broken Heart memulai kariernya sebagai musisi sejak 30 tahun yang lalu. Sebelum terkenal, Didi adalah seorang penyanyi jalanan. Dinyanyikan dalam bahasa Jawa, Didi membungkus tembangnya dengan kata-kata sederhana tapi mempunyai arti mendalam. Meskipun lagu-lagunya berbahasa Jawa, tetapi pendengarnya pun tidak berhenti di Pulau Jawa.

Banyak lagu Didi yang menceritakan tentang permasalahan hati membuatnya digemari pemuda-pemudi. Didi Kempot berkisah dibalik karyanya seperti Layang Kangen yang menceritakan tentang kerinduan dua insan yang dipisahkan jarak, Tangise Ati tentang hubungan yang harus disudahi, Stasiun Balapan bercerita mengenai seorang yang ditinggalkan, dan masih banyak lagi.

“Patah hati itu enggak usah dibawa terlalu jauh-jauh, jangan ngelamun terlalu panjang. Dibawa untuk hal-hal positif,” ujar Didi Kempot saat diwawancarai oleh Astrid Tiar.

“Daripada patah hati, lebih baik dijogeti!” tambahnya.

Disambut oleh Najwa Shihab, Didi Kempot menjadi pembuka acara Billboard Indonesia Music Award. Tidak berhenti membuat penonton berjoget dengan Stasiun Balapan dan Kalung Emas, ia juga tampil berkolaborasi dengan Isyana Sarasvati membawakan Pamer Bojo. Penampilan duo beda generasi dan genre musik disambut riuh dari penonton.

Penulis: Jessica Elisabeth

Editor: Abel Pramudya

Foto: kompas.com

Sumber: youtube.com, tirto.id, kompas.com