Epik High Suguhkan Album Terbaru “sleepless in __________”

Epik High mengeluarkan album 'sleepless in ______' setelah keluar dari YG Entertaiment dengan berkolaborasi berbagai musisi. (Foto: Billboard.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Epik High kembali menyapa penggemar musik K-pop dengan album sleepless in ______ yang rilis pada Senin (11/03/18). Come back Epik High setelah mengakhiri kontrak dengan YG Entertaiment ini mengajak beberapa figur publik untuk berkolaborasi, seperti IU dan Suga BTS.

Tablo menjelaskan dalam wawancaranya dengan MTV News bahwa kesulitannya dalam tidur menjadi inspirasi dalam proses produksi album terbarunya ini. Selain itu, masalah kesehatan mental yang sudah sering diulik dalam lagu Epik High sejak 16 tahun mereka berkarya juga kembali dimunculkan dalam karya ini.

“Yang diperhatikan adalah saya sudah membicarakan ini sejak album pertama kami. Saya selalu memiliki lagu yang berhubungan dengan depresi. Masalahnya adalah pada saat itu saya tidak memiliki kata kecemasan untuk itu,” tutur pria bernama asli Daniel Armand Lee tersebut.

“Sangat menarik bahwa saya telah berbicara tentang hal itu dan tiba-tiba dalam beberapa tahun terakhir, hal itu (kesehatan mental) kini banyak muncul dalam musik yang saya dengar. Saya senang itu terjadi,” tambahnya.

Dalam album sleepless in ______, Epik High berkolaborasi dengan musisi dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu musisi luar Korea Selatan yang turut digandeng adalah Yuna, penyanyi asal Malaysia dalam lagu No Different. Dalam kesempatan ini, IU tidak menunjukkan suaranya. Namun, ia bersama aktris Jin Seo Yeon beradu akting dalam video musik Lovedrunk.

Penyanyi Crush pun menyumbangkan suaranya dalam lagu utama album tesebut. Selain Crush, Sunwoo Jung-A juga berkolaborasi dalam lagu In Seoul. Begitu pula dengan Suga BTS yang membantu dalam pembuatan lagu Eternal Sunshine.

Epik High dianggap selalu memuaskan ekspektasi penggemar dan pecinta musik tiap peluncuran karya mereka. Dilansir dari Rolling Stone India, kiprah Epik High selama 16 tahun dalam bisnis musik telah menjadikan sebuah tradisi yang memberikan keunggulan setiap merilis album. Tradisi tersebut merupakan gebrakan yang tidak mereka rencanakan untuk dihentikan dalam waktu dekat.

 

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Sumber: billboard.com, mtv.com, rollingstoneindia.com, papermag.com

Foto: billboard.com