‘Map of the Soul: 7’ Kolaborasi, Sub-unit hingga Solo

Map of the Soul: 7
Boygroup Korea, BTS
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – BTS merilis album terbarunya “Map of the Soul: 7” pada Jumat (21/02/20). Terdiri dari dua puluh lagu, album ini berisikan lima lagu dari album sebelumnya, “Map of the Soul: Persona”, empat belas lagu baru, dan satu lagu yang hanya tersedia dalam album digital.

Salah satu lagu teranyarnya, ON hadir sebagai lead single. Lagu ini merupakan lagu hiphop yang enerjik dan penuh semangat. ON didasari oleh pemikiran dan tujuan para member BTS sebagai artis selama tujuh tahun. Selain versi yang dinyanyikan BTS, tersedia juga versi yang menggandeng Sia. Namun, versi tersebut hanya tersedia dalam album digital saja.

Ada tiga lagu yang dinyanyikan lengkap oleh tujuh anggota BTS. Black Swan, yang merupakan single pertama dalam “Map of the Soul: 7”, kemudian We are Bulletproof: the Eternal, lagu emosional yang berbanding terbalik dengan ekspektasi penggemar BTS, ARMY, dan Louder than Bombs yang ditulis bersama Troye Sivan.

Rapline BTS kembali menunjukkan taringnya melalui UGH!, mereka mengekspresikan kemarahan dan kebencian melalui liriknya. Selain bernyanyi bersama, RM, SUGA, dan J- HOPE juga mempunyai lagu masing-masing, yaitu Intro: Persona, Interlude: Shadow, dan Outro: Ego. ‘Map of the Soul: 7’ juga memanjakan ARMY melalui kolaborasi RM dan SUGA berjudul Respect.

Tidak hanya rapline yang mempunyai lagu solo, barisan vokal BTS juga mempunyai lagu dan kolaborasi masing-masing. 00:00 (Zero O’Clock) menjadi obat rindu ARMY untuk vocal line. Dalam lagu ini Jin, Jimin, V, dan Jungkook mengingatkan pendengar untuk hidup bebas dan bahagia. Lalu, ARMY bakal dibuat terharu dengan duet Jimin dan V melalui Friends. Mereka menyanyikan tentang persahabatan yang dibangun sejak masa SMP, trainee hingga tujuh tahun debut BTS.

Ada berbagai cerita yang disampaikan oleh para vokalis melalui lagu solo nya. Jin menyampaikan betapa ia mencintai penggemarnya dalam Moon. Berbeda dengan Jin, V menyanyikan lagunya, Inner Child, untuk dirinya di masa lalu yang sedang melalui masa sulit. Jimin menampilkan vokal berbeda dari lagu-lagu sebelumnya dengan Filter. Terakhir, Jungkook, anggota termuda BTS dalam My Time yang menceritakan tentang perasaannya sejak menjadi trainee pada tahun 2011 sampai sekarang.

 

Penulis: Jessica Elisabeth
Editor: Abel Pramudya
Foto: facebook.com
Sumber: soompi.com, teenvogue.com, idntimes.com, genius.com