Mencari Tenang di Video Klip ‘Rehat’ Kunto Aji

Kunto Aji dalam video klip 'Rehat' yang rilis Rabu (06/02/19). (Sumber: dokumentasi Kunto Aji)
Share:

Tenangkan hati, semua ini bukan salahmu.

Jangan berhenti, yang kau takutkan tak ‘kan terjadi.

Rehat, Kunto Aji

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Salah satu solois pria Tanah Air Kunto Aji baru saja merilis video klip untuk lagu Rehat pada Rabu (06/02/19). Setelah sempat berkolaborasi dengan seniman Yusuf Ismail alias Fluxcup dalam video klip Topik Semalam, kali ini Aji menggaet akun Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKTCHI) milik penulis Marchella FP dalam pembuatan video klipnya.

Diusung sebagai karya kolektif, video klip Rehat berisi video-video yang dikirimkan oleh pengikut akun Instagram Kunto Aji dan NKTCHI sejak akhir Desember 2018 hingga awal Januari 2019 lalu. Ada empat tema pilihan yang dapat dikirimkan para penggemar, antara lain ritual pagi, mengejar mimpi, kegagalan, dan rehat. Sebanyak 1.246 video diterima oleh tim Kunto Aji dalam periode 18 hari.

Ada hal lain yang menarik perhatian dalam video klip ini. Di tengah video, Kunto Aji menyelipkan pesan bagi para pendengar Rehat. Ia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang terus berjuang hingga saat ini walau lelah dirundung keadaan, pencarian, kenangan, tuntutan, dan segala hal yang menghantui pikiran.

Lagu Rehat direkam di frekuensi 396 Hz yang menurut penelitian dapat membuat pendengarnya merasa lebih bersemangat, optimis, dan lebih tenang. Mengusung konsep serupa, video klip ini juga dilengkapi beragam visual yang bertujuan untuk membuat penontonnya merasa tenang, seperti kembang api, dan juga bola yang berubah-ubah warna.

Pesan yang ingin disampaikan dalam video klip ini cukup jelas, bahwa meskipun berbeda-beda jalan hidup, semua orang pasti pernah merasakan pengalaman-pengalaman yang pada intinya sama. Seperti ritual pagi dan kegagalan. Hal ini tersaji di adegan terakhir di video klip Rehat, di mana Kunto Aji duduk melihat berbagai video senja yang diterimanya.

Rehat merupakan salah satu lagu dalam album kedua Kunto Aji bertajuk “Mantra-Mantra” yang mengangkat tema kesehatan mental. Sampai berita ini ditayangkan, video klip Rehat telah diputar lebih dari 80 ribu kali di layanan pemutar video YouTube.

 

Penulis: Charlenne Kayla Roeslie

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Dok. Kunto Aji