Mengenal TwoSetViolin, Kanal Youtube Bertema Musik Klasik

(Kiri-kanan): Eddy Chen dan Brett Yang (sumber: Violinist.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Berawal sebagai rekan di Sydney and Queensland Symphony Orchestras, Eddy Chen dan Brett Yang memutuskan untuk membentuk sebuah grup musik bernama TwoSetViolin pada tahun 2014. Dua pemuda asal Australia itu ingin memanfaatkan sosial media untuk membawa musik klasik kepada generasi modern lewat kesenangan, humor, dan kesederhanaan.

Brett dan Eddy memulai perjalanan mereka bermain biola karena alasan yang sama seperti pemain biola kebanyakan: karena permintaan ibu mereka. Bermain biola merupakan bagian dari ‘Budaya Asia’–begitu mereka bilang–termasuk bermain piano.

(Kiri-Kanan) Eddy Chen dan Brett Yang (Foto: Jolygramcom)

Bermain sejak usia 13 tahun, mereka berdua bergabung dalam sebuah orkestra remaja. Di sana, mereka bertemu musisi-musisi muda lain yang membuat mereka menyadari kalau bermain biola bukan lagi sebuah aktivitas ‘sendiri’, melainkan kebersamaan. Pada masa itulah mereka mulai ‘mendedikasikan’ hidup mereka untuk berlatih.

“Berlatih adalah hal kecil yang konstan dalam hidupmu. Itu adalah cara terbaik untuk melupakan segalanya,” tutur Eddy dalam wawancara bersama Violinist.com. “Katakanlah pacarmu memutuskanmu. Pergilah berlatih dan itu akan membuat banyak hal menjadi lebih baik.”

“Jika hidup menyebalkan, pergilah berlatih,” tambah Brett.

Mengenai kanal Youtube mereka, Brett dan Eddy pertama-tama melihat pemain biola lain yang membuat video Youtube. Merasa tertarik, mereka mulai membuat video cover lagu menggunakan biola.

“Mengapa kita mulai? Penasaran. Tetapi kami segera menemukan bahwa meng-cover lagu bukan hanya tentang bermain biola,” ujar Brett. “Meskipun kami yakin tentang permainan kami, kami tidak tahu banyak tentang pengeditan video, pembuatan film, dan perekaman. Kami otodidak.”

“Lucu bagaimana selalu mudah untuk melihat sesuatu dari luar dan berpikir seseorang mudah melakukannya,” Eddy menambahkan.

Kini, kanal Youtube TwoSetViolin memiliki 991.333 subscribers dan 555 video. Mereka aktif mengunggah video setiap harinya dengan beragam konten yang berhibur. Seperti games unik, review, dan masih banyak lagi.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: violinist.com, Jolygramcom

Sumber: violinist.com, hhhhappy.com, youtube.com