Taylor Swift Kejutkan Penggemar dengan Rilis Album “folklore”

Taylor Swift saat sedang menghadiri acara penghargaan MTV Music Video 2019 di Prudential Center, Newark, Amerika Serikat pada Senin (26/08/19). (Foto: billboard.com)
Taylor Swift saat sedang menghadiri acara penghargaan MTV Music Video 2019 di Prudential Center, Newark, Amerika Serikat pada Senin (26/08/19). (Foto: billboard.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Taylor Swift melalui akun Instagram resminya (@taylorswift) mengejutkan penggemar dengan mengumumkan bahwa ia merilis album baru bertajuk “folklore”. Penyanyi asal Amerika Serikat ini merilis album tersebut pada Jumat (24/07/20).

“folklore” berisikan enam belas lagu baru pada edisi standar. Namun pada edisi deluxe, Swift menambahkan satu lagu bonus, yaitu the lake. Uniknya, penyanyi kelahiran 1989 ini akan merilis 8 versi CD serta vinyl dengan sampul, foto, dan karya seni yang berbeda. 

“Karena ini adalah album studio ke-8 ku, aku membuat 8 deluxe CD edition dan 8 deluxe vinyl edition yang hanya akan tersedia dalam 1 minggu. Setiap deluxe edition akan memiliki sampul, foto-foto, dan karya seni yang unik,” tulis Swift dalam unggahannya di Instagram.

Daftar lagu album baru Taylor Swift "folklore". (Ultimagz)
Daftar lagu dalam album baru Taylor Swift yang berjudul “folklore”. (Foto: Instagram.com/taylorswift)

Pandemi mungkin menghambat kegiatan sehari-hari dan agenda konser. Termasuk konser Swift “Lover Fest” yang seharusnya dimulai pada Juli 2020. Akan tetapi, penyanyi peraih Grammy Award ini menggantikannya dengan memberikan kejutan spesial bernama “folklore”.

Dalam penggarapan album barunya, penyanyi pop ini melibatkan Aaron Dessner yang membantu menulis 11 dari 16 lagu dan Bon Iver yang menulis serta menyanyikan exile. William Bowery dan Jack Antonoff juga turut duduk di bangku produser album ini. 

Perilisan album baru benar-benar di luar dugaan. Pasalnya, Swift tidak memberikan tanda-tanda akan merilis lagu dalam waktu dekat. Bahkan ia sempat berpikir untuk merilis album ini di waktu yang ‘tepat’.

“Akan tetapi, sepanjang waktu kita hidup terus mengingatkanku bahwa tidak ada yang bisa dijamin. Naluriku berkata jika kamu membuat sesuatu yang kamu cintai, kamu harus membagikannya dengan dunia. Aku bisa setuju dengan itu,” ujar Swift. 

Bersamaan dengan perilisan album, Swift juga mengeluarkan video musik single utamanya, cardigan. Penulis lagu dari Amerika Serikat ini kembali menjadi sutradara videonya sendiri, sama seperti saat membuat video musik The Man. Dilansir dari kompas.com, protokol kesehatan tetap diterapkan dalam pembuatan video musik cardigan.

Semua orang memakai masker, menjauh satu sama lain, dan saya bahkan membuat rambut, rias wajah, serta gaya sendiri,” kata Swift.

Sebelum “folklore”, Swift telah merilis tujuh album, yaitu “Lover” (2019), “reputation” (2017), “1989” (2014), “Red” (2012), “Speak Now” (2010), “Fearless” (2008), dan “Taylor Swift” (2006). Pada 2019, Swift pun mendapatkan penghargaan dari Billboard sebagai “Woman of the Decade Award” karena ia dianggap sebagai salah satu penyanyi tersukses sepanjang tahun 2010-an. 

 

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Sumber: cnnindonesia.com, instagram.com/taylorswift, vouge.com, kompas.com, tirto.id

Foto: billboard.com, instagram.com/taylorswift