“Therefore I am”, Lagu Baru Billie Eilish Terinspirasi dari Filsuf Descartes

“Therefore I am”, Lagu Baru Billie Eilish Terinspirasi dari Filsuf Descartes. (ULTIMAGZ)
Tangkap layar audio musik Therefore I am yang diunggah pada Jumat (12/11/20). (Foto: YouTube Billie Eilish)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Penyanyi Billie Eilish resmi mengumumkan lagu baru barunya yang bertajuk Therefore I am pada Kamis (12/11/20). Video klip dari lagu ini disutradarai oleh Billie sendiri dan akan dinyanyikan di American Music Awards (AMAs) pada Minggu (22/11/20) mendatang. Uniknya, lagu ini lahir dari ucapan filsuf Prancis Rene Decartes.Judul lagu Therefore I Am  diambil dari ungkapan terkenal filsuf Prancis Rene Descartes. Filsuf tersebut terkenal dengan kalimat Cogito ergo sum atau I think, therefore I am (Aku berpikir, maka aku ada).

Billie membuat kalimat senada pada pembuka lagunya, I’m not your friend or anything. Damn, you think that you’re the man. I think, therefore I am. Artinya “aku bukan temanmu atau apa pun, sial, kau pikir kaulah orangnya, ku pikir oleh karena itu aku ada.”

Lewat lirik lagu terbarunya itu, secara tidak langsung Billie hendak mengatakan ketegasannya dalam menghadapi orang-orang yang ingin mengendalikan dan mengambil alih hidupnya. Dia menekankan bahwa yang terpenting bagi dirinya adalah apa yang dia pikirkan tentang dirinya sendiri, bukan apa kata orang tentang dia.

Hal tersebut ditunjukkan lewat video klip Billie yang dengan santai dan lepas, dia berlari di sebuah mall kosong tanpa pengunjung. Saat menjumpai toko roti Wretzel’s Pretzel, ia masuk begitu saja mengambil sepotong pretzel lalu memakannya sambil berlari. Billie menaiki lift lalu menuju ke sebuah toko roti lain dan mengambil sepotong donat. Melalui ragam aksi di atas, Billie mengisyaratkan bahwa tidak ada orang yang berhak menghakimi dan mempengaruhi dirinya, khususnya dalam pengambilan keputusan.

“Lagu ini akan melahirkan beragam interpretasi. Saya penasaran mendengar apa yang orang dapatkan darinya dan juga apa yang mereka rasakan ketika mendengarnya,” ungkap Billie Eilish dikutip dari kompas.com.

Hingga Selasa (17/11/20) video klip tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 32 juta views di YouTube. Lagu Therefore I Am merupakan lagu ketiga yang dirilis oleh Billie selama 2020, setelah lagu No Time to Die dan My Future.

Billie sendiri dinominasikan menjadi Artis Favorit Rock Alternatif dan Artis Sosial Favorit, pada Kamis (10/12/20) mendatang. Ia akan tampil di iHeart Radio’s Jingle Ball 2020.

 

Penulis: Sr. Angela Siallagan

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: YouTube

Sumber: kompas.com, tirto.id, merahputih.com, gensindo. sindonews.com