Tiga Karya Spesial Musisi Tanah Air pada HUT Kemerdekaan Ke-76 RI

Karya berjudul "Wonderland Indonesia" dari Alffy Rev yang dirilis tepat pada HUT RI Ke-76, Selasa (17/08/21). (Foto: YouTube/Alffy Rev)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Sebuah karya dapat menjadi media untuk mengekspresikan rasa cinta terhadap Tanah Air. Hal ini pun dilakukan oleh sejumlah musisi Indonesia yang merilis lagu bertema nasionalisme sebagai persembahan spesial bagi negeri pada momen HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Selagi berada dalam suasana bulan kemerdekaan, rasanya tepat jika Ultimates mendengarkan dan menyaksikan sajian apik yang para musisi ini siapkan untuk Indonesia. Yuk, lihat karya-karya mereka!

  • “Untuk Indonesia” – kolaborasi para musisi Indonesia

Beberapa musisi ternama Indonesia menghadirkan sebuah karya kolaborasi berjudul Untuk Indonesia, yang merupakan hasil pengemasan ulang lagu ciptaan Artha Meris Simbolon atau Meleena yang bertajuk Pray for Indonesia. Para musisi yang turut terlibat dalam kolaborasi ialah Andra Ramadhan, Rayendra Sunito, Dewa Budjana, Alam Urbach, Jerrico EV, Ray Prasetya, Andmesh Kamaleng, Sara Fajira, Petrus Mahendra, Shadu Rasidji, Febri Yoga, Chintya Gabriella, Anneth, Cella Kotak, dan Sun D.

Selain menjadi persembahan spesial pada momen HUT Kemerdekaan Indonesia, karya Untuk Indonesia juga ditujukan sebagai upaya penggalangan dana bagi para pekerja seni yang terdampak pandemi COVID-19. Hal ini pun sejalan dengan pesan yang terkandung dalam lagu tersebut, yakni seluruh masyarakat Indonesia harus terus memiliki semangat dan solidaritas untuk saling merangkul agar bisa bangkit kembali untuk Tanah Air tercinta.

“Semoga lagu ini dapat memberikan inspirasi dan membangkitkan semangat masyarakat Indonesia di momen kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76,” kata Maleena seperti yang dilansir dari kompas.com.

Kini, Untuk Indonesia sudah dapat Ultimates nikmati pada kanal YouTube Andra Ramadhan.

  • “Wonderland Indonesia” – Alffy Rev featuring Novia Bachmid

Karya apik pada momen HUT kemerdekaan RI lainnya datang dari komposer dan produser musik Alffy Rev. Dengan menggaet penyanyi muda jebolan Indonesian Idol Season X Novia Bachmid, Alffy merilis sebuah karya berjudul Wonderland Indonesia tepat pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 19.45 WIB. 

Wonderland Indonesia merupakan proyek lagu medley yang memadukan 9 lagu daerah dan satu lagu nasional Indonesia yaitu Paris Barantai dari Kalimantan Selatan, Si Patokaan dari Sulawesi Utara, Sajojo dari Papua, Janger dari Bali, Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara Timur, Manuk Dadali dari Jawa Barat, Lelo Ledhung dari Jawa Tengah, Kampuang nan Jauh di Mato dari Sumatera Barat, Soleram dari Riau, dan Bagimu Negeri ciptaan Kusbini. Lagu-lagu tersebut diaransemen sedemikian rupa dan disajikan dalam gaya musik khas Alffy yang bergenre electronic dance music (EDM) dengan sentuhan alat musik tradisional seperti gamelan Bali dan sape dari suku Dayak.

Sesuai dengan judul Wonderland Indonesia, Alffy memvisualisasikan gubahan lagu tersebut dalam video musik yang menampilkan keindahan alam Indonesia dan digarap dengan paduan computer-generated imagery. Dalam video tersebut, Novia Bachmid sebagai sang penyanyi tampil cantik menggunakan berbagai pakaian adat Indonesia, sesuai dengan daerah asal setiap lagu yang ia nyanyikan. Selain itu, terdapat pula penampilan tari tradisional seperti tari piring asal Sumatera Barat dan tari janger asal Bali. 

Wonderland Indonesia adalah sebuah proyek luar biasa yang menggabungkan eksplorasi musik tradisional dengan konsep modern. Kami membuat proyek ini untuk membuktikan bahwa pemuda Indonesia mampu membawa Indonesia ke level selanjutnya,” ungkap Alffy pada kolom deskripsi video.

Hingga saat ini, Wonderland Indonesia masih menduduki posisi pertama pada trending YouTube untuk musik. Jika belum menyaksikan karya indah ini, Ultimates dapat langsung meluncur ke kanal YouTube Alffy Rev.

  • “Merah Putih” – Iwan Fals

Musisi legendaris Indonesia Iwan Fals juga merilis karya ciptaannya yang bertajuk Merah Putih tepat pada tanggal 17 Agustus 2021 lalu. Melalui karya ini, ia merayakan Indonesia yang kini penuh dengan dinamika yang bergulir dengan cepat di tengah segala proses perjalanannya. 

“Indonesia, ya Indonesia; Merah Putih, Pancasila, NKRI dengan segala macam sejarahnya, baik yang modern atau masa lalu,” ujar Iwan Fals seperti yang tertulis pada kolom deskripsi video di kanal YouTube Musica Studio’s.

Berbicara tentang Indonesia melalui karyanya bukanlah hal baru bagi musisi kawakan ini. Hal tersebut justru telah menjadi identitas tersendiri bagi seorang Iwan Fals. Lirik Merah Putih berisi kumpulan syair yang bermakna dalam dan sarat nasionalisme. Musik dan notasi lagu ini pun ia bawakan dengan gaya khasnya dalam bernyanyi seperti menghadirkan vokal yang menukik tajam pada nada-nada tinggi. 

Satu hal lainnya yang membuat Merah Putih semakin terasa spesial dan berbeda: karya ini merupakan lagu pertama Iwan Fals yang direkam secara langsung dan hanya melibatkan instrumen utama piano yang dimainkan oleh Otta Tarega. Menurutnya, hal tersebut lebih menghadirkan kebebasan dalam berkomunikasi.

Sebagai pesan, Iwan Fals pun berharap agar Indonesia bisa terus harmonis dan jangan menyerah dalam menghadapi segala dinamika yang ada di depan.

Merah Putih dari Iwan Fals dapat menjadi lagu yang tepat untuk Ultimates dengarkan sembari merenungkan kembali makna kemerdekaan dan persatuan.

Penulis: Christabella Abigail Loppies

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: YouTube/Alffy Rev

Sumber: kompas.com, tirto.id, antaranews.com