One to Watch: Buktikan Cantik Bukan Soal Ukuran

Foto Cover Buku "One to Watch" (Foto: christinaallday.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com –Buku “One to Watch” sudah ramai diperbincangkan oleh komunitas penggemar buku, terutama genre romansa sejak rilis bulan Juli lalu (7/7/20). Hal ini karena karakter utamanya Bea Schumacher adalah blogger bertubuh besar (plus-size) yang aktif mengadvokasikan gerakan body positivity

Dilansir dari Goodreads, “One to Watch” bercerita tentang Bea Schumacher, blogger fesyen plus-size yang sangat modis. Dia memiliki teman yang luar biasa, keluarga yang setia, ribuan pengikut Instagram, tetapi sedang patah hati. Bea terobsesi dengan serial televisi “Main Squeeze”, sebuah acara realita mencari pasangan. Akibat muak dengan kurangnya diversitas kontestan, Bea gunakan blognya untuk mengkritik acara tersebut.

Tepat ketika Bea telah bersumpah untuk benar-benar berhenti berpacaran, dia mendapat tawaran yang menarik. “Main Squeeze” ingin dia menjadi bintang berikutnya. Dikelilingi oleh pria yang bersaing untuk mendapatkan kasih sayangnya, Bea setuju. Namun, dengan satu syarat, dia tidak akan benar-benar jatuh cinta.

Novel fiksi debut Kate Stayman-London ini tolak keras standar kecantikan konvensional dengan memberikan pesan kepada audiens bahwa kecantikan tidak dibatasi oleh berat badan.

“Saya tahu bahwa semua itu tidak benar bahwa saya tidak dapat mengubah tipe tubuh saya dan saya pun tidak mau!” ucap karakter utama Bea Schumacher.

Membahas topik sulit seperti citra tubuh dan fat-shaming, tindakan melecehkan seseorang berdasarkan berat badan, “One to Watch” tidak takut untuk mengkritik stigma negatif masyarakat terhadap orang yang bertubuh besar. Dikemas dengan humor dan romansa, novel fiksi ini ringan untuk dibaca tetapi tetap runcing dan edukatif.

Bawa Pesan ke Pembaca

Dalam wawancara dengan Goodreads, Kate Stayman-London menekankan seberapa pentingnya karakter Bea untuk menjadi representasi bagi komunitas plus-size dan para wanita yang pernah bergumul dengan isu citra tubuh.

London berharap para pembaca belajar dari cerita Bea bahwa tidak apa-apa berbadan besar, hal tersebut tidak sepatutnya membatasi apapun. Melawan kritik dan opini orang lain, Bea mengingatkan para pembaca untuk tidak dibatasi oleh standard kecantikan yang konyol dan tetap percaya diri.

Menjadi USA TODAY Bestseller, “One to Watch” mendapatkan empat bintang dari Goodreads dengan mayoritas ulasan positif dari para pembaca.

Penulis: Arienne Clerissa
Editor: Nadia Indrawinata
Sumber: Goodreads.com, BookoftheMonth.com

Foto: CristinaAllDay.com