“Rush Hour”: Sajikan Komedi dalam Pertemanan Unik

Poster Rush Hour
Poster “Rush Hour”. (Foto: kompas.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – “Rush Hour” merupakan film bergenre komedi aksi yang dibintangi oleh aktor laga ternama Jackie Chan. Film ini menyajikan kerjasama epic antara Inspektur Yang Naing Lee (Jackie Chan) dan Detektif James Carter (Chris Tucker) dalam memecahkan kasus penculikan anak perempuan Konsulat Han (Tzi Ma).

Pertemuan Lee dengan Carter terbilang unik, sebab Carter ditugaskan untuk menjadi babysitter Lee selama di Amerika Serikat. Lee yang tidak mau dijaga terus-menerus kabur dari Carter, layaknya Jerry si tikus yang menghindar dari Tom si kucing. Namun, hal itulah yang membuat hubungan Lee dengan Carter semakin erat.

“Rush Hour” dimulai dengan konfrontasi Lee dengan Sang (Ken Leung), yang merupakan kaki tangan antagonis film ini yaitu Juntao (Tom Wilkinson). Permasalahan Lee dengan Juntao ikut pula terbawa ke Amerika Serikat, ketika Konsulat Han pindah ke negara itu. Lee yang saat itu menggagalkan aksi Juntao  untuk mencuri harta sejarah China akibat perintah Konsulat Han, membuat mereka masuk ke dalam blacklist Juntao.

Menyajikan pertemanan antara dua orang yang berbeda etnis, “Rush Hour” memberikan pesan perdamaian untuk isu rasisme yang dikemas dalam bentuk komedi. Keakuran Lee dan Carter memberikan film komedi aksi ini patut untuk diikuti. Lee yang polos bertemu dengan Carter yang sableng akan sangat menghibur untuk ditonton.

“Rush Hour” memberikan jalan cerita aksi yang ringan, tetapi tetap menarik untuk diikuti sehingga penonton tidak akan bosan. Aksi Jackie Chan dalam film ini juga menjadi prestasi tambahan dalam portofolionya sebagai aktor laga ternama. Selain itu, Chris Tucker dengan logat uniknya juga akan menghibur penonton akibat kata-kata frontal yang diucapkannya.

Film keluaran 1998 ini termasuk dalam hiburan lama yang menarik untuk ditonton oleh berbagai generasi. Di akhir film, ditampilkan pula behind the scenes pembuatan film yang membuat penonton tergelak hingga ke akhir. “Rush Hour” akan sangat cocok ditonton Ultimates yang gemar menonton film komedi aksi, ataupun Ultimates yang sedang mencari hiburan di kala senggang.

Jangan berkecil hati bila Ultimates masih merindukan sosok Lee dan Carter. Sebab film ini juga dibuat dalam dua sekuel, yaitu “Rush Hour 2” dan “Rush Hour 3.”  Kedua film tersebut masih dimainkan oleh Jackie Chan dan Chris Tucker sebagai pemeran utama.

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Xena Olivia

Foto: kompas.com

Sumber: en.wikipedia.org