Tiga Kota Besar Wisata Indonesia yang Terdampak Virus Corona

tempat wisata
Suasana Pantai di Bali saat sedang acara adat yang ditoton oleh turis asing (AFP/Sonny Tumbelaka)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Wabah virus Corona juga memengaruhi sektor pariwisata di Indonesia. Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia mengungkapkan tterdapat tiga destinasi wisata di kota besar yang terdampak isu virus Corona, seperti Bali, Kepulauan Riau, dan Manado.

Deputi Pemasaran Pariwista dan Ekonomi Kreatif, Badan Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nia Niscaya mengatakan bahwa tiga destinasi ini memiliki dampak yang cukup berbeda.

“Kalau Bali itu dampaknya ke overseas (wisatawan mancanegara) karena kita tahu Bali merupakan pilihan wisata mancanegara. Jadi tidak hanya wisatawan Cina saja, tetapi juga lainnya,” terang Nia dalam konferensi pers Astindo Travel Fair yang digelar di Jakarta Convention Center, pada Jumat (21/02/20) dikutip dari kompas.com.

Selain itu, Nia juga mengatakan bahwa kota Manado cukup merasakan dampak dari isu virus Corona lantaran pasar wisawatawan terbesar Manado berasal dari turis Cina. Adanya penutupan penerbangan dari dan ke Cina membuat sektor pariwisata Manado cukup merasakan dampak tersebut. Meski begitu, Nia menuturkan bahwa kementerian belum sepenuhnya selesai dalam menghitung data dampak dari adanya isu virus Corona terhadap parawisata Manado tersebut.

“Hingga kini data yang kami terima, kita kehilangan 13 persen wisatawan China,” ujar Nia.

Sementara di kota ketiga yaitu Kepulauan Riau terdapat dua daerah yang terdampak isu virus Corona ini, yakni Bintan dan Batam. Nia menjelaskan bahwa Batam mengincar pasar wisatawan Singapura dan Bintan mengincar Cina. Ia mengatakan bahwa sudah jelas kedua daerah ini merasakan dampak dari isu virus Corona tersebut.

“Jadi sudah pasti kena mereka, sudah pasti terdampak. Itu berdasarkan data BPS,” jelas Nia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio sendiri menjelaskan bahwa Kemenparekraf akan memberikan sebuah stimulus atau intensif bagi sektor parawisata Indonesia yang terkena dampak dari adanya isu virus Corona.

Dijelaskan bahwa besaran diskon yang akan diberikan dengan kisaran antara 25 sampai 30 persen ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Destinasi-destinasi tersebut adalah Bali, Likupang, Sulawesi Utara, Bintan, Batam, Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, dan destinasi lainnya. Besaran diskon tersebut dikatakan akan ditetapkan secepatnya.

 

Penulis: Fabio Nainggolan

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: AFP

Sumber: kompas.com, nasional.kontan.co.id, harnas.co