Menpora: PON 2020 Diharapkan Mengampanyekan Anti-Narkoba

PON 2020
Menpora Zainudin Amali saat mengkampanyekan anti-narkoba dan mempromosikan PON 2020 (Foto: dok. Kemenpora)
Share:

SERPONG, ULTIMGZ.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan harapannya bahwa pemberantasan narkoba sejalan dengan peningkatan prestasi di bidang olahraga. Oleh karena itu, Zainudin berharap bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 bisa sekaligus menjadi ajang kampanye antinarkoba kepada masyarakat luas.

Hal ini disampaikan langsung oleh Zainudin pada saat menghadiri kegiatan car free day antinarkoba yang diadakan oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, di Bundaran HI, Jakarta pada Minggu (23/02/20). Menurutnya pemberantasan narkoba sejalan dengan meningkatnya prestasi olahraga nasional.

“Kebetulan, Oktober nanti Indonesia akan menggelar PON 2020 di Papua. Nanti dibarengi dengan kampanye antinarkoba, kita dorong pula prestasi olahraga. Keduanya sangat sinkron,” jelas Zainudin yang dikutip dari kompas.com.

Zainudin mengatakan bahwa dengan adanya ajang PON 2020 yang mempertandingkan 37 cabang olahraga ini menjadi kesempatan pemerintah dan bersama dalam memberantas penyalahgunaan narkoba. Ia mengatakan hal ini perlu dilakukan karena kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia masuk dalam golongan darurat. Oleh karena itu, perlu perhatian yang ekstra dengan menggunakan kesempatan itu dalam PON 2020 tadi.

“Kemenpora mengapresiasi inisiatif dari Polda Metro Jaya, khususnya reserse narkoba. Kita harus dorong masyarakat untuk berprilaku positif dan berprestasi,” ujar Zainudin.

Kegiatan kampanye antinarkoba yang dilakukan Polda Metro Jaya dengan menggandeng Kemenpora ini bertujuan untuk mencanangkan wilayah hukum Polda sebagai zero narkoba sekaligus mempromosikan PON di Papua Oktober 2020.

“Ke depan Polda Metro Jaya mencanangkan wilayah hukum Polda ‘zero narkoba’. Hari ini salah satu langkah kita bersama dengan Kemenpora dan BNN memanfaatkan CFD untuk mengampanyekan antinarkoba dan di 2020 ini ada perhelatan nasional yaitu PON di Papua,” jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana dalam acara yang bertema ‘Kitong Semua Bebas Narkoba, Sukseskan PON Papua 2020,’ seperti yang dikutip dari jakrev.com.

Acara ini sendiri diprakarsai langsung oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Nana secara langsung menyosialisasikan akan bahayanya narkoba sebagai bentuk dari memaksimalkan jajarannya untuk mendorong Jakarta bebas dari Narkoba.

“Dalam hal ini kami akan memaksimalkan (Jakata Zero Narkoba), yang jelas upaya-upaya kita baik pencegahan dan penindakan akan terus kita gelorakan mulai dari Polda hingga tingkat Polsek,” jelas Nana.

Kemenpora Zainudin Amali sendiri turut mengapresiasikan acara sosialisasi anti-narkoba yang diadakan langsung oleh Polda Metro Jaya tersebut karena bisa mendukung Jakarta bebas dari Narkoba.

“Setiap kesempatan digunakan untuk mengkampanyekan anti narkoba, Pak Kapolda tadi sudah menyampaikan itu,” ujar Zainudin.

 

Penulis: Fabio Nainggolan

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Dokumen Kemenpora

Sumber: kompas.com, jakrev.com, news.detik.com