Tim Detektif Hadapi Organisasi Sadis dalam “Busted” Musim Ke-3

Tim Detektif yang terdiri dari (dari kiri ke kanan) Suho (EXO), Sejeong, Yoo Jae-suk, Lee Kwang-soo, Park Min-young, Lee Seung-gi, dan Kim Jong-min dalam poster "Busted" musim ke-3. (Foto: twitter.com/Busted_Netflix)
Share:

Serpong, ULTIMAGZ.com – Kata ‘detektif’ berkaitan erat dengan sosok yang cerdas, cakap, dan serius dalam memecahkan kasus. Namun, berbeda dengan Tim Detektif “Busted”. Terdiri dari komedian, aktor, dan idola ternama Korea Selatan, serial produksi Netflix ini menghadirkan karakter detektif yang berbeda dari serial atau film manapun.

“Busted” musim ke-3 rilis pada Jumat (22/01/2021) lalu. Alur cerita musim baru ini masih seputar mencari arti ‘Project D’. Ternyata tidak hanya Tim Detektif yang ingin mengungkap ‘Project D’, Hwalbindang juga mengincar isi proyek ini. Hwalbindang adalah organisasi yang ingin menghukum para penjahat yang tidak bisa dihukum atau merasa lebih tinggi dari hukum. Setiap episode mempunyai kasus berbeda, tetapi ada benang merah yang menyatukannya ke Hwalbindang.

Tim Detektif terdiri dari beberapa karakter unik. Ada Yoo Jae-suk sebagai detektif cerdas dengan kualitas pemimpin, tapi penakut, Kim Jong-min si bodoh yang kerap kali menemukan petunjuk penting, Lee Kwang-soo si penyuka kekerasan, Park Min-young yang menjadi otak utama tim, Sehun (EXO) si tampan yang kompetitif, Sejeong anggota termuda yang lebih berani, serta Lee Seung-gi si Pembunuh Bunga yang menipu Tim Detektif di musim kedua. 

Selain para pemain tetap, beberapa selebriti Korea Selatan menjadi karakter tambahan seperti Suho (EXO), Ko Kyu-pil, Ahn Bo-hyun, Lim Soo-hyang, dan Song Ji-hyo.

Kombinasi antara komedian, aktor, dan idola menjadikan “Busted” serial yang unik. Serial ini memadukan komedi dan drama sekaligus misteri sehingga tidak terasa bosan. Penonton bisa tertawa karena pertengkaran Yoo Jae-suk dan Lee Kwang-soo, pertanyaan konyol Kim Jong-min, atau perkataan sarkas Yoo Jae-suk pada rekan lainnya. 

Di sisi lain, penonton juga ikut penasaran dengan teka-teki yang harus dipecahkan. Salah satunya pada episode lima ketika Min-young, Jong-min, Seung-gi, dan Sehun harus melakukan reka ulang pembunuhan di ruang tertutup untuk mendapatkan jawaban. Sambil para detektif memecahkan teka-teki, penonton juga bisa menebak-nebak atau berusaha menjawab.

Pada musim pertama dan kedua, Tim Detektif berlomba untuk memecahkan kasus dengan Tim Detektif Genius. Namun, musim ketiga ini mereka berhadapan dengan Tim Detektif tiruan yang berisikan Yoo Byung-jae, Ravi, Ahn Bo-hyun, Ha Sung-woon, Jo Se-ho, Hwang Kwang-hee, dan Hyun Seung-hee pada episode tujuh.

Membicarakan set tempat dan properti yang digunakan, tim produksi “Busted” tidak sembarangan dan seadanya. Pada episode empat, Tim Detektif harus menghentikan obsesi seorang pria yang ingin menghidupkan kembali adiknya ke tubuh mayat. Lokasi shooting pun mengambil pedesaan Jepang yang dibuat angker. Detail bercak darah dan teka-teki tersembunyi dipasang dengan baik oleh tim produksi.

Alur musim ketiga bergerak maju sehingga tidak membingungkan. Namun, sebelum menonton musim ketiga “Busted”, lebih baik menonton terlebih dahulu musim pertama dan kedua agar tidak kebingungan. Kebanyakan jawaban teka-teki berkaitan dengan kasus lama yang sudah dipecahkan terletak pada musim-musim sebelumnya. 

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Nadia Indrawinata

Foto: Twitter (@Busted_Netflix)