“The Undoing”: Penelusuran Sisi Gelap Psikologi Manusia

"The Undoing": Penelusuran Sisi Gelap Psikologi Manusia (ULTIMAGZ)
Foto serial televisi The Undoing {Foto : HBOMAX)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Mini-series “The Undoing” yang rilis pada 2020 sekilas tampak seperti misteri pembunuhan biasa. Namun, cerita di dalamnya memiliki kedalaman lebih yang membahas psikologi manusia.

Cerita berfokus pada Grace Fraser (Nicole Kidman), seorang terapis sukses yang sedang menanti penerbitan buku pertamanya. Kehidupan Grace nampak sempurna, dengan suami yang setia, Jonathan Fraser (Hugh Grant), dan seorang anak laki-laki yang bernama Henry (Noah Jupe).

Namun, kebahagian tersebut tidak bertahan lama. Suatu hari, Grace terjebak di tengah kasus pembunuhan yang menempatkan suaminya sebagai tersangka utama. Kini, Grace harus mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dengan semakin banyak rahasia terungkap, ia terpaksa menelan realita pahit bahwa hidupnya tidak seperti yang ia pikir.

Alasan yang membuat mini series ini menarik adalah karakternya yang sangat dinamis. Setiap karakter memegang kompleksitas yang membuat audiens terus bertanya-tanya dan meragukan kejujuran mereka.

Selain itu, karakter di seri ini terlihat menonjol dari isu psikis yang digambarkan, yaitu perilaku NPD atau Narcisstic Personality Disorder.

Menurut healthline.com, NPD adalah gangguan kepribadian di mana seseorang memiliki opini yang berlebihan tentang diri mereka sendiri. Mereka juga sangat membutuhkan kekaguman dan perhatian orang lain. Demi mendapatkannya, penderita seringkali menggunakan manipulasi dan kontrol.

“The Undoing” berhasil mengangkat isu tersebut secara implisit. Menggunakan manipulasi dan kebohongan, audiens seakan-akan terpengaruh dengan pesona karakter. Hal ini membuat pengalaman menonton semakin mencekam.

Selain itu, “The Undoing” juga tidak lari dari topik-topik berat seperti trauma, kekerasan, KDRT, dan kesehatan mental.

Mini series ini hanya mempunyai enam episode sehingga relatif singkat. Meskipun demikian, singkatnya cerita tidak membuat alur cerita terburu-buru. Keseluruhan plot dikemas dengan padat sehingga tidak membosankan.

Seri yang ditayangkan lewat layanan streaming HBO ini telah ditonton sebanyak 12.3 juta kali. Hal tersebut membuat “The Undoing” menjadi serial televisi yang paling banyak ditonton pada 2020.

Sebelumnya, gelar tersebut dimiliki oleh “Big Little Lies”, serial televisi popular di HBO yang juga bertemakan pembunuhan. Kedua seri ini diperankan oleh Nicole Kidman. Bedanya, pada kesempatan kali ini, Nicole ditemani oleh aktor Hugh Grant dan Noah Jupe.

Bagi yang menyukai drama, thriller, dan terutama misteri pembunuhan, “The Undoing” adalah serial televisi yang patut dimasukan kedalam daftar tontonan kamu!

 

Penulis : Arienne Clerissa

Editor : Andi Annisa Ivana Putri

Sumber : Times.com, HBO.com, Variety.com