AMSI Luncurkan Situs Verifikasi Berita Palsu

Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Dalam rangka mengatasi penyeberan berita palsu atau hoax, Aliansi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) meluncurkan situs Cekfakta.com. Peluncuran tersebut dilakukan di Gran Melia Hotel, Jakarta Selatan, pada Sabtu (05/05/2018).

Cekfakta.com merupakan sarana penyaringan informasi di tengah banyaknya berita yang beredar. Selain AMSI dan Mafindo, peluncuran situs ini juga didukung oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Google News Initiative.

“Cekfakta ini upaya gotong royong kita melawan penyebaran hoax. Kita tidak lagi berperang melawan hoax sendiri-sendiri, ini adalah saatnya kita kolaborasi, gotong royong bersama-sama,” ujar Ketua Mafindo Septiaji Eko Nugroho, dilansir dari Kompas.com.

Halaman utama situs CekFakta.com.

Sebanyak 22 pimpinan media online yang tergabung dalam AMSI berkolaborasi membuat Cekfakta.com. Kolaborasi tersebut memungkinkan agar suatu informasi yang beredar dapat diverifikasi dengan lebih mendetail.

Proses verifikasi dilakukan dengan metode “sharing newsroom” atau redaksi bersama, dimana hoax akan lebih dulu dikumpulkan oleh Mafindo lalu diverifikasi oleh lebih dari dua media. Informasi baru akan dimuat dalam media masing-masing dan situs Cekfakta.com setelah selesai diverifikasi.

“Verifikasi adalah salah satu standar dasar dari pekerjaan jurnalis. Jadi, ini adalah bagian dari implementasi praktik ‘good journalism,” tutur Ketua Umum AJI Abdul Manan, dikutip dari Kompas.com.

Munculnya Cekfakta.com diharapkan dapat membantu mengatasi penyebaran berita palsu, khususnya di tengah situasi Indonesia saat ini yang sedang menyambut Pilkada Serentak 2018 dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Klarifikasi berita hoax dapat lebih mudah dilakukan untuk kemudian disebarkan secara cepat melalui media sosial.

“Makanya kami mendorong solusi integratif untuk melawan penyebaran hoax di Indonesia. Selain gerakan edukasi dan literasi serta silaturahmi antaranak bangsa guna meredam polarisasi, kami juga berharap upaya gotong royong melalui Cekfakta.com antarmedia arus utama bersama penggiat anti-hoax,” tambah Septiaji, dikutip dari Gatra.com.

 

Penulis : Hilel Hodawya

Editor : Gilang Fajar Septian

Sumber : Kompas.com, Gatra.com, Antaranews.com

Foto : Legalzoom.com