Apple Resmi Hapus Aplikasi Stiker WhatsApp

Seluruh aplikasi stiker WhatsApp telah dihapus oleh Apple lantaran melakukan tiga pelanggaran. (Foto: blog.whatsapp.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Apple telah menghapus seluruh aplikasi stiker WhatsApp dari App Store. WABetaInfo sebagai sumber informasi fitur terbaru WhatsApp mengungkapkan pada Minggu (11/12/18) melalui Twitternya, terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh aplikasi yang diluncurkan pada 25 Oktober silam tersebut.

Melalui cuitannya, WABetaInfo memaparkan tiga pedoman yang telah dilanggar aplikasi ini. Salah satunya adalah butuhnya penggunaan aplikasi lain, yaitu WhatsApp itu sendiri, untuk mengaktifkan aplikasi stiker ini. Namun, berdasarkan peraturan yang diberikan sebuah aplikasi seharusnya memerlukan aplikasi lainnya ketika hendak digunakan.

Di sisi lain, banyaknya aplikasi berbasis stiker dengan perilaku yang sama serta desain yang serupa juga merupakan alasan atas penghapusan aplikasi ini.

Seperti produk Messenger milik Facebook, paket stiker yang disediakan bekerja secara offline. Kendati demikian, pengguna harus mengaktifkan internet jika ingin mengunduh paket stiker tersebut sebelum menggunakannya.

Meski telah dihapus oleh Apple, aplikasi stiker ini tetap dapat ditemukan di gawai berbasis Android atau Google, tepatnya di toko aplikasi PlayStore.

Sejak peluncurannya, aplikasi stiker WhatsApp dianggap cukup populer di kalangan masyarakat. Selain itu, aplikasi yang telah diambil alih oleh Facebook ini juga menyediakan paket stiker pihak ketiga yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat stiker hasil karya mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan melalui application program interface (API) dan antarmuka pada teknologi Android serta iOS.

Sementara itu, WhatsApp baru-baru ini telah meluncurkan fitur dengan 12 paket stiker baru, termasuk Cuppy oleh Minseung Song, Bibimbap Friends oleh Pete Ellison, dan Biscuit oleh Ghostbot. WhatsApp juga dirumorkan akan membuat fitur pencarian stiker untuk Android agar memudahkan penggunanya dalam mencari paket stiker di toko aplikasi.

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: blog.whatsapp.com

Sumber: republika.co.id, tempo.co, thejakartapost.com