Discord Hadirkan “Stage Channels” Fitur Mirip Clubhouse

Discord Hadirkan “Stage Channels”, Fitur Terbaru Serupa Clubhouse - ULTIMAGZ
Discord, aplikasi pesan instan yang kini hadirkan fitur terbaru "Stage Channels". (Foto: tekno.kompas.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Aplikasi pesan instan dan platform distribusi digital Discord telah resmi merilis fitur terbarunya yang bernama Stage Channels. Kehadiran fitur ini membuat para penggunanya dapat menciptakan ruang obrolan dengan berbagai macam topik yang menarik, tidak jauh berbeda dengan aplikasi Clubhouse yang kini juga sedang naik daun.

Melansir inet.detik.com, Clubhouse sendiri merupakan sebuah aplikasi media sosial berbasis audio-chat. Di sana, para penggunanya dapat melakukan diskusi mengenai topik-topik tertentu secara interaktif. Ada pengguna yang berperan sebagai pembicara dan ada pula yang hanya bisa menjadi pendengar. Tidak sedikit penggiat jejaring sosial yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini lantaran sifatnya yang eksklusif.

Hal tersebutlah yang kini coba disajikan oleh Discord melalui fitur Stage Channels. Fitur yang satu ini akan memberikan akses bagi penggunanya untuk membuat ruang obrolan sebagai tempat berdiskusi. Para pengguna lain pun dapat bergabung dan mendengarkan percakapan tersebut secara langsung. 

Melalui blog resminya, pihak Discord menyampaikan bahwa dengan menggunakan Stage Channels para pengguna akan lebih mudah untuk membagi fokus dalam memahami siapa yang berbicara dan yang harus menunggu giliran untuk itu. Dengan demikian, tidak akan ada pengguna yang “bertabrakan” atau justru menciptakan jeda yang terlalu lama dalam sebuah percakapan.

Fitur Stage Channels akan bekerja dengan cara membagi para pengguna menjadi moderator, pembicara, dan pendengar. Kemudian, daftar pembicara dan pendengar tersebut akan disusun dalam beberapa kolom. Jika ada pendengar yang ingin berbicara, mereka harus menekan ikon angkat tangan terlebih dahulu. Kemudian, moderator akan mengatur siapa saja yang diperbolehkan untuk berbicara. Moderator juga memiliki akses untuk membisukan pengguna dan mengeluarkannya dari fitur ini jika dianggap mengganggu.

Untuk dapat menggunakan fitur terbaru ini, para pengguna harus memastikan terlebih dahulu bahwa community server-nya diatur dalam keadaan aktif. Jika sudah, pengguna dapat langsung menciptakan ruang obrolan baru dengan menuju ke menu pengaturan server dan memilih opsi “buat saluran”. Selanjutnya, pengguna yang telah membuat ruang obrolan tersebut dapat menambahkan moderator, menentukan topik, serta membuka ruang obrolan agar para pengguna lainnya dapat bergabung.

Fitur Stage Channels kini dapat dinikmati oleh pengguna aplikasi Discord mulai dari yang berbasis Android, iOs, macOs, Linux, hingga versi web.

 

Penulis: Christabella Abigail Loppies

Editor: Xena Olivia

Sumber: tekno.kompas.com, lifestyle.kontan.co.id, liputan6.com, inet.detik.com, support.discord.com, blog.discord.com

Foto: tekno.kompas.com