Empat Kelebihan Sedotan “Stainless Steel”

Foto: tokopedia.com
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Seiring dengan gerakan antisedotan plastik atau no straw movement, produksi sedotan berbahan stainless steel atau besi tahan karat kini diproduksi semakin massal. Adapun bahan ini memiliki kelebihan dibanding sedotan plastik konvensional.

Sebenarnya, terdapat banyak alternatif untuk menggantikan sedotan seperti plastik, seperti bahan bambu, kertas, kaca, akrilik, dsb. Namun, bahan ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh sedotan lain. Berikut ini Ultimagz telah merangkum keunggulan-keunggulan dari sedotan besi tahan karat.

 

  1. Aman Digunakan 

Sedotan ini bebas dari Bisphenol A (BPA), yang merupakan bahan kimia yang dapat luntur dan mengkontaminasi makanan saat dipanaskan. BPA dapat memicu terjadinya masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.  Senyawa ini biasanya terdapat dalam plastik. Oleh karena itu, biasanya sedotan plastik hanya digunakan satu kali. Berbeda halnya dengan stainless steel, yang dapat digunakan berulang-ulang. Selain itu, bahan logam tak berkarat ini juga tidak bereaksi terhadap zat asam. Jadi, tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi minuman yang asam. Karena tidak akan menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

 

  1. Tidak Rapuh

Sedotan stainless steel tidak mudah rapuh seperti kaca dan akrilik yang dapat pecah, sebab merupakan jenis besi yang bersifat tidak korosif atau tak mudah berkarat jika digunakan terus menerus. Bahan ini juga tak mudah robek dan luntur layaknya sedotan kertas. Selain itu, bahannya yang kokoh membuat sedotan stainless tidak mudah patah ketika dimasukkan ke dalam tas. Sehingga dapat dibawa kemana saja. 

 

  1. Mudah dibersihkan

Kerap kali sedotan berbahan stainless ini dilengkapi pula dengan sikat khusus untuk membersihkan bagian dalam sedotan. Umumnya, sikat akan didapat sepaket dengan sedotan yang dibeli. Sedotan juga tidak mudah berjamur meski dibersihkan dan dipakai berulang, asalkan dikeringkan dengan benar. Mencucinya juga hanya perlu menggunakan sabun cuci piring. Lalu, dapat dibilas menggunakan air panas agar lubang sedotan terhindar dari bakteri.

 

Sedotan nonnplastik ini tak sulit untuk didapat lantaran terjual secara bebas baik di toko daring maupun luring. Biasanya, produk ini dikemas dalam satu paket yang berisi sedotan lurus, sedotan bengkok, serta sikat pembersih. Harganya pun terjangkau, berkisar dari 20 ribu hingga 60 ribu rupiah.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Ivan Jonathan

Foto: tokopedia.com

Sumber: klikdokter.com, cosmopolitan.co.id, grid.id, guesehat.com