Hemat Kuota Internet dengan Tips Berikut

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Hampir semua orang masa kini, terutama remaja, tak dapat terlepas dari gawai maupun koneksi internet. Rasanya ada saja notifikasi yang perlu dicek tiap menit. Hal ini menimbulkan pengeluaran pokok baru yang tak sedikit jumlahnya, yakni pembelian kuota internet.

Lantas, bagaimana caranya agar kuota internet pada gawai dapat bertahan lebih lama? Simak tips berikut.

  1. Nyalakan airplane mode saat ponsel sedang tidak digunakan
    Mode pesawat atau airplane mode akan mematikan semua sambungan data termasuk sinyal ponsel atau gawai, dan paket datanya. Dengan demikian, kuota tidak akan tersedot terus-menerus saat ponsel sedang tidak digunakan. Nyalakan mode ini saat gawai sedang tidak digunakan seperti saat sedang diisi daya, tidur di malam hari, atau dalam perjalanan.
  2. Matikan update otomatis
    Tanpa disadari oleh penggunanya, sering kali toko aplikasi seperti PlayStore akan memperbarui seluruh aplikasi yang membutuhkan pembaruan secara otomatis. Hal ini tentu akan memakan kuoata yang cukup besar. Oleh karena itu, masuk ke dalam pengaturan di toko aplikasi tersebut dan matikan fitur pembaruan otomatis.
  3. Gunakan wi-fi saat tersedia
    Saat sedang berada di lokasi yang menyediakan internet gratis seperti kampus, restoran, atau kafe, manfaatkanlah sebaik-baiknya. Sambungkan perangkat ke internet tersebut dan lakukan update untuk semua aplikasi, download, atau memutar video.
  4. Kompresi data pada browser
    Peramban atau browser masa kini umumnya sudah menyediakan pilihan untuk menampilkan situs dengan lebih ringan dan data yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan peramban Chrome atau Opera Mini sudah mengkompresi data-data pada situs tertentu, sehingga bisa menghemat penggunaan data hingga 80 persen. Carilah pengaturan ini pada peramban yang ada di gawai dan nyalakan untuk menghemat kuota.
  5. Gunakan paket internet unlimited
    Jika tidak ingin berpusing-pusing untuk menghemat kuota, alternatif ini merupakan pilihan yang tepat. Akses internet tidak akan dibatasi, meskipun penurunan kecepatan akan terjadi ketika batas pemakaian wajar telah tercapai. Sejumlah penyedia layanan internet besar telah menyediakan paket internet tanpa batas ini dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, silahkan cek daftar paket yang tersedia oleh penyedia layanan yang bersangkutan.

Penulis : Monica Devi Kristiadi
Editor : Alif Gusti Mahardika
Foto : blog.evercoss.com