Kemdikbud Salurkan Bantuan Kuota, Simak Jadwal dan Kegunaannya

Pesan yang diterima penerima bantuan kuota data internet Kemendikbud. (Ultimagz)
Pesan yang diterima penerima bantuan kuota data internet Kemendikbud. (Foto: ULTIMAGZ/Androw Parama M)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah mulai menyalurkan bantuan kuota data internet tahap pertama pada Selasa (22/09/2020) hingga Kamis (24/09/2020). Terbagi menjadi kuota utama dan belajar, Ultimates dapat mengakses laman serta aplikasi yang mendukung pembelajaran jarak jauh.

Bagi Ultimates yang belum mendapatkan bantuan kuota Kemdikbud dari pesan singkat pada gawai, jangan khawatir. Silakan tunggu jadwal penyaluran tahap kedua mulai Senin (28/09/2020) hingga Rabu (30/09/2020) mendatang. 

Nantinya, bantuan kuota dari Kemdikbud disalurkan selama empat bulan ke depan dalam waktu bertahap. Berikut lini masa penyaluran bantuan kuota.

1.Jadwal Penyaluran Bantuan Kuota Bulan Kedua:

a.Tahap I: 22-24 Oktober 2020

b. Tahap II: 28-30 Oktober 2020

2. Jadwal Penyaluran Bantuan Kuota Bulan Ketiga dan Keempat (dikirim bersamaan):

Tahap I: 22-24 November 2020

Tahap II: 28-30 November 2020

Kuota yang diterima pada bulan pertama dan kedua berlaku selama 30 hari. Sementara itu, bantuan bulan ketiga dan keempat yang dikirim bersamaan pada November memiliki masa berlaku 75 hari. Penerima bantuan hanya mendapat bantuan kuota dari pemerintah setiap bulannya untuk satu nomor telepon aktif  yang terdaftar kampus.

 

Dua Jenis Kuota

Mahasiswa dan dosen akan mendapat bantuan kuota sebesar 50GB per bulan yang dibagi menjadi 5GB kuota umum dan 45GB kuota belajar. Dengan kuota umum, Ultimates dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi, termasuk media sosial.

Sementara itu, kuota belajar khusus digunakan untuk membuka laman dan aplikasi yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Melalui situs kemdikbud.go.id, terdapat 401 website universitas, 22 website, 19 aplikasi pendukung pembelajaran, dan 5 aplikasi video conference yang terdaftar dan dapat diakses menggunakan kuota belajar.

Pandemi virus korona memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Hampir semua jenjang dan instansi pendidikan di Indonesia harus mengubah cara pembelajaran dari tatap muka menuju daring. Oleh karena itu, koneksi internet menjadi salah satu hal penting untuk mengakses pembelajaran. 

Untuk mendukung keberlangsungan pembelajaran jarak jauh, Kemdikbud memberikan bantuan kuota data internet kepada pengajar dan pelajar. Kebijakan ini dilakukan berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020 mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

 

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: Androw Parama M

Sumber: kompas.com, tirto.id, kemdikbud.go.id