Workshop C The Drum Girls Season 2 Bagikan Tips Menjadi Influencer

Workshop C The Drum Girls Season 2 Bagikan Tips Menjadi Influencer (ULTIMAGZ)
Workshop kedua yang diselenggarakan oleh C Channel Indonesia yang pertama kali dilakukan secara daring memberikan materi singkat untuk pemain drum pemula melalui Live Youtube dan Zoom pada Sabtu (25/09/2020) pagi. (ULTIMAGZ/ Caroline Saskia)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — C The Drum Girls (CTDG) mengadakan workshop C The Drum Girls Season 2 pada Jumat (25/09/20). Workshop kali ini cukup istimewa dengan menghadirkan Viola Maulinia selaku Lemon KOL & Community Manager untuk membagikan tips kepada drummer perempuan untuk menjaga profesionalitas dan bersikap baik apalagi mereka sudah menjadi influencer.

Workshop ini bertujuan untuk menjadikan drummer perempuan yang berkualitas, mereka akan diajarkan basic knowledge tentang drum dan bagaimana caranya menjadi performance dan influencer yang berkualitas, bukan hanya mampu secara teknis tetapi memiliki attitude yang baik,” ujar Fany.

Dalam sesi “How to be Influencer”, Viola mengatakan bahwa ada lima hal yang perlu diperhatikan oleh influencer yakni:

1. Build strong image

Jadilah diri sendiri yang asli atau be original. Hal tersebut bisa dicapai jika sudah mengenal dirinya sendiri. Jika sudah mengenal diri sendiri, membangun kesan yang baik tentang diri sangatlah penting. 

“Build your first impression from your bio and be observant,” kata Viola.

2. Share your value

Influencer perlu membagikan nilai-nilai yang dimilikinya menyangkut knowledge (pengetahuan), skills (kemaampuan), experiences (pengalaman), hobbies (hobbi), passion and dream (tujuan dan mimpi) sehingga pengikut semakin mengenal influencer tersebut.

3. Attitude

Influencer perlu memiliki komitmen untuk mengerjakan timeline dan juga mampu menjalin komunikasi yang baik. Mereka juga harus bertanggungjawab atas kontennya dan jangan ada prasangka orang lain atas kontennya.

Selain itu, perlu juga bersikap interaktif dengan menyukai dan memberi komentar positif kepada pengikut sehingga mereka semakin senang. Mempercayai proses merupakan hal yang penting bagi influencer karena ada saatnya banyak yang menyukai kirimannya, tetapi ada kalanya sepi.

4. Building Networking

Dengan mengikuti kompetisi atau audisi, influencer mampu mengetahui kemampuannya. Selain itu, mengikuti komunitas untuk memperbanyak pengalaman bersosialisasi dengan organisasi juga tidak kalah pentingnya.

Jangan lupa, jalin kolaborasi dengan orang lain dengan ikut acara atau webinar sehingga jaringan pertemanan semakin luas.

5. Tips and Trick

Untuk mengatasi rasa gugup, latihan dan persiapan yang baik sangatlah krusial. Latihan boleh dilakukan di depan kaca, bersama keluarga atau teman. Influencer juga perlu mengetahui kelebihannya agar tetap percaya diri. Selain itu perlu juga menjaga kondisi tubuh dan berfikir positif, keep your body and mind healthy.

Viola juga berpendapat bahwa akan menerima banyak tawaran kerja sama dengan brand yang terkenal sehingga peru untuk memiliki rate card. Rate card merupakan tarif atau harga yang dimiliki oleh influencer atas pekerjaan yang dia lakukan. Ketika brand mengajak influencer bekerja sama, mereka akan bertanya seberapa rate card influencer tersebut.

Acara ini dihadiri oleh 50 orang semi finalis C The Drum Girls Season 2 terbaik yang dipilih dari sekitar 300 orang peserta. Berdurasi kurang lebih dua jam, workshop ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom dan tayang di YouTube C CHANNEL Indonesia.

 

 

Penulis: Sr. Angela Siallagan

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Fotografer: Caroline Saskia