Langkah-Langkah Menghindari Jangkitan Ransomware WannaCry

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.COM — Kabar akan meluasnya serangan dari virus Ransomware dengan nama WannaCry membuat para pengguna komputer dan ahli IT menjadi was-was. Virus yang mulai menyebar sejak Jumat (12/05/17) dan melumpuhkan kegiatan 16 rumah sakit di Inggris, dan dua di Indonesia ini dianggap berbahaya karena mengunci komputer korban dan mengenskripsi file-file yang ada di dalamnya, khususnya pada komputer yang menyala secara terus-menerus.

Sehubungan dengan makin berkembangnya ancaman dari virus ini, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengeluarkan imbauan bagi para pengguna sistem pengoperasian Windows yang belum melakukan Security Update Patch MS-17-010. Berikut isi dari imbauan tersebut :

  1. Sebelum menyalakan komputer, cabutlah kabel data (LAN) yang tersambung ke komputer ataupun laptop, dan matikan Wifi di sekitar komputer yang dapat terkoneksi ke perangkat secara otomatis.
  2. Setelah yakin komputer tidak tersambung ke internet, maka komputer dapat dinyalakan untuk segera backup seluruh datake Hard Disk Portable atau Flash Drive.
  3. Lakukan download security patch dari komputer berbeda atau sekunder yang tidak terlalu penting fungsinya atau melalui komputer berbasis non-microsoft di https://blogs.technet.microsoft.com/msrc/2017/05/12/customer-guidance-for-wannacrypt-attacks/
  4. Setelah selesai melakukan backup secara aman dan melakukan penyimpanan flash drive / Hard Disk Portable dengan aman secara terpisah, pada komputer yang bersangkutan dapat dilakukan update melalui file yang telah diunduh pada langkah sebelumnya.
  5. Lakukan aktifitas secara biasa setelah berhasil melakukan security update yang diperlukan.

Penulis: Gilang Fajar Septian

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: youtube.com

Sumber : metrotvnews.com, apjii.or.id