Lift-Bit, Sofa Heksagonal yang Diatur Lewat Gawai

Sofa Lift-Bit yang terhubung dengan internet dan bisa dikendalikan lewat smartphone (sumber: wired.co.uk)
Share:

MILAN, ULTIMAGZ.com – Perpaduan desain dan teknologi memang tak ada habisnya. Kali ini sebuah sofa yang terkoneksi dengan internet bernama Lift-Bit berhasil mencuri perhatian pengunjung dalam acara XXI Triennale International Exhibition yang berlangsung mulai 12 April hingga 12 September 2016 di Milan, Italia. Sofa ini merupakan salah satu bentuk penerapan Internet of Things (IoT) yang bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh aspek kehidupan manusia dengan internet.

Lift-Bit dikembangkan oleh lembaga desain internasional  Carlo Ratti Associati dan diklaim sebagai sofa berbasis IoT pertama di dunia. Bentuk sofa ini cukup unik, terdiri dari bagian-bagian berbentuk heksagonal yang dapat bergerak naik-turun sesuai dengan keinginan penggunanya.

Cara mengatur Lift-Bit dapat dilakukan lewat aplikasi di gawai atau dengan menempatkan tangan di atas sofa sesuai dengan tinggi yang diingikan. Sofa ini dapat memprediksi tinggi tangan yang berada diatasnya dan kemudian menysuaikan agar bisa mencapai tangan tersebut. Hal ini memungkinkan sofa berubah bentuk dan menciptakan aneka posisi duduk yang berbeda.

“Kami ingin agar pengguna lebih kreatif dan dapat mendesain sendiri bentuk sofa yang mereka inginkan,” ungkap Carlo Ratti yang juga bekerja di Massachusetts Institute of Technology (MIT), sebuah universitas swasta berbasis riset terkemuka di Cambridge.

Untuk saat ini, Lift-Bit masih berupa prototipe dan belum diproduksi massal. Walau demikian, Lift-Bit yang dipamerkan nantinya akan dijual bersamaan dengan pembukaan pre-order nya.  Bagaimana Ultimates, tertarik ingin memiliki sofa cerdas ini juga?

 

Penulis: Monica Devi Kristiadi
Editor: Alif Gusti Mahardika
Sumber: wired.co.uk