Microsoft Akhiri Dukungan pada Windows 7

logo microsoft windows 7
Microsoft akan akhiri dukungan pada Windows 7 2020 mendatang. (Foto: prajwaldesai.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Microsoft resmi mengakhiri dukungan pada Windows 7 mulai 14 Januari 2020. Nantinya Microsoft tidak lagi menyediakan dukungan bagi pemilik perangkat yang menggunakan Windows 7.

Pada situs resminya, Microsoft mengumumkan bahwa para pengguna Windows 7 tidak lagi mendapatkan dukungan, termasuk dari serangan malware. Pengguna masih bisa mengganti dengan Windows 10 sebelum dukungan tidak lagi tersedia.

“Mulai bulan depan, jika Anda adalah pelanggan Windows 7, Anda dapat melihat pemberitahuan muncul di PC Windows 7 Anda,” jelas Matt Barlow, CVP Windows yang dikutip dari detik.com.

Terdapat bantuan peralihan pengguna dari Windows 7 ke Windows 10 dan akan diberikan dukungan tambahan, tetapi butuh biaya ekstra. Dukungan tersebut diperuntukkan untuk pengguna bisnis dan enterprise/perusahaan besar. Dengan membayar biaya tertentu, Windows 7 khusus untuk para pelaku bisnis dan enterprise akan tetap mendapatkan dukungan sampai tahun 2023 mendatang.  

Dilansir dari cnnindonesia.com Head of Microsoft Jerman, Markus Nitschke,  menuliskan bahwa Windows 7 sudah mulai usang dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi modern.

“Windows 7 secara perlahan kian usang dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi modern saat ini terutama dari sisi kebutuhan keamanan tingkat tinggi. Kami belajar seharusnya menghentikan dukungan untuk Windows XP lebih awal untuk mengantisipasi kerugian dari sisi biaya dan serangan malware di masa depan,” tulisnya.

Microsoft sebelumnya telah mengumumkan rencana ‘mengakhiri hidup’ Windows 7 sejak Januari 2017. Selama tiga tahun terakhir, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini telah memberi kesempatan bagi pengguna Windows 7 untuk migrasi ke Windows 10. Dukungan yang diberikan Microsoft pada Windows 7 seharusnya sudah berakhir sejak 2015 lalu. Namun karena Windows 7 memiliki pengguna yang besar, maka diperpanjang sampai 2020.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

Editor: Abel Pramudya

Foto: prajwaldesai.com

Sumber: kompas.com, cnnindonesia.com, inet.detik.com