Tak Jalin Kerjasama, Telkom Resmi Blokir Netflix

Layanan Netflix Resmi Diblokir per 27 Januari 2016
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Netflix dan segala layanannya resmi diblokir PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) pada Rabu (27/1), pukul 00.00 WIB. Semua saluran pelanggan Telkom termasuk IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel tidak bisa mengakses layanan streaming film dan acara TV asal Amerika Serikat tersebut.

Pada awalnya, Telkom mengaku siap untuk menyambut ekspansi Netflix di Indonesia. Seperti yang dikutip dari IndoTelko, Dian Rachmawan selaku direktur consumer service Telkom menyatakan ada banyak keuntungan yang bisa didapat Netflix jika bekerjasama dengan pihak Telkom. Keuntungan tersebut seperti jumlah pelanggan tetap, kemudahan pembayaran tanpa kartu kredit, dan jangkauan yang luas.

Namun hari ini, pihak Netflix tak kunjung menjalin kerjasama. Dian akhirnya mengambil langkah untuk memblokir akses ke layanan Netflix dengan alasan tidak memenuhi regulasi dan terdapat konten yang tidak diizinkan di Indonesia.

“Kami ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus menjadi contoh dan menegakkan kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis,” tegas Dian seperti yang dikutip dari DailySocial.

Padahal menurutnya, jika ada kerjasama antara Netflix dan Telkom maka konten berbau kekerasan dan pornografi dapat disaring oleh pihaknya. Netflix sendiri menjalin kerjasama dengan SingTel dan Starhub di Singapura, serta dengan Telecom Italia di Italia.

“Di luar negeri mereka (Netflix) lakukan kerjasama dengan beberapa operator, masa di sini tidak? Padahal, jika kerjasama dengan operator lokal banyak manfaat didapatkan kedua belah pihak,” pungkas Dian.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara memberikan kelonggaran bagi Netflix untuk memenuhi aturan di Indonesia hingga 7 Februari mendatang. Syaratnya, Netflix harus berbadan hukum tetap, memiliki izin sebagai penyelenggara penyedia konten, atau bekerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia.

 

Penulis : Monica Devi Kristiadi
Editor : Alif Gusti Mahardika
Sumber dan Foto : DailySocial, Detik, IndoTelko