Tingkatkan Keselamatan Penumpang, Grab Luncurkan Fitur Tombol Darurat

(Sumber foto: Grab.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Dalam rangka meningkatkan keselamatan penumpang, layanan kendaraan online Grab mengeluarkan fitur tombol ‘SOS’ bagi penumpang. Fitur tersebut merupakan layanan yang pertama kalinya disediakan dalam aplikasi transportasi online Indonesia.

Tombol SOS dapat diakses dengan terlebih dahulu mendaftarkan tiga nomor telepon orang terdekat untuk dihubungi pada kondisi darurat. Ketika melakukan perjalanan, tombol tersebut akan muncul di sisi atas peta perjalanan.

“Tombol di atas map itu bisa ditekan saat kondisi darurat. Nanti akan otomatis mengirimkan pesan ke tiga kontak yang terdaftar supaya mencoba menghubungi pengguna atau meminta bantuan polisi,” jelas Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dilansir dari Kompas.com.

Informasi cara penggunaan tombol darurat dalam aplikasi Grab Indonesia. (Sumber: Grab.com)

Selain itu, tersedia juga fitur ‘auto-alert yang memungkinkan aplikasi Grab untuk mengirimkan SMS darurat secara otomatis ketika alur perjalanan tidak sesuai dengan rute yang seharusnya. Nantinya, pesan darurat yang didapat akan berupa rincian perjalanan dan posisi terakhir penumpang.

Sejauh ini, fitur tombol darurat baru tersedia pada aplikasi penumpang saja. Namun, perusahaan tidak menutup kemungkinan pemasangan tombol yang sama pada aplikasi Grab bagi pengemudi.

Selain tombol SOS, Grab juga melakukan inovasi dengan meluncurkan kebijakan ‘Know Your Driver-Partners (KYP). Kebijakan tersebut mengharuskan pengemudi Grab untuk mengikuti pemeriksaan dokumen fisik dan pemeriksaan kondisi kendaraan.

Setiap mitra pengemudi akan ditemui secara langsung oleh pihak Grab untuk melewati rangkaian pemeriksaan. Dokumen-dokumen yang wajib dimiliki calon pengemudi meliputi KTP, SIM, STNK, dan SKCK. Proses tersebut sudah mulai diterapkan di tujuh kota besar Indonesia sebagai salah satu upaya menjaga keselamatan penumpang.

“Keselamatan penumpang adalah prioritas utama kami. Saya sangat bahagia mengumumkan bahwa fitur tombol SOS dan pemeriksaan keamanan akan ditambahkan,” tambah Ridzki, dikutip dari Cnnindonesia.com.

 

Penulis : Hilel Hodawya

Editor : Gilang Fajar Septian

Sumber : Kompas.com, Cnnindonesia.com, Tirto.id

Foto : Grab.com